Salat Id Bareng Pengungsi, Menko PMK Ajak Doakan Korban Banjir Masamba

M Riyas - detikNews
Jumat, 31 Jul 2020 13:03 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy salat Idul Adha 1441 H bersama pengungsi banjir bandang Masamba di halaman kantor Bupati Luwu Utara (M Riyas/detikcom)
Foto: Menko PMK Muhadjir Effendy salat Idul Adha 1441 H bersama pengungsi banjir bandang Masamba di halaman kantor Bupati Luwu Utara (M Riyas/detikcom)
Luwu Utara -

Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy, Salat Idul Idha bersama pengungsi korban banjir bandang Masamba. Muhadjir juga mengisi khotbah usai salat Id.

Dalam khotbahnya, Muhadjir mengingatkan warga untuk taat pada protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran Corona (COVID-19). Hal itu disampaikannya secara berulang-ulang.

"Berdasarkan informasi WHO (Organisasi Kesehatan Dunia), bahwa saat ini virus Corona bukan lagi droplet tapi sudah mikro droplet jadi penularan bisa lewat udara, jadi tetap terapkan protokol kesehatan, pakai masker, rajin cuci tangan, jaga kesehatan," kata Muhadjir, Jumat (31/7/2020).

Selain itu, dalam khutbahnya, Muhajir juga mengajak kepada seluruh jemaah Salat Id untuk mendoakan para korban banjir bandang yang meninggal dunia.

"Mari kita doakan saudara saudara kita yang menjadi korban, insyaallah mereka sama dengan jihad fisabilillah, Al-Fatihah," kata Muhadjir.

Salat Idul Adha 1441 Hijriah digelar di Halaman Kantor Bupati Luwu Utara, Sulawesi Selatan (Sulsel). Pelaksanaan salat dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Warga yang akan salat dicek terlebih dahulu temperaturnya. Setelah itu warga yang tak membawa masker diberikan masker. Warga juga diminta cuci tangan dan menggunakan hand sanitizer sebelum masuk ke halaman bupati untuk salat id.

Salat Idul Adha dipimpin Kepala Kemenag Kabupaten Luwu Utara. Tampak Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani bersama jajarannya ikut Salat Id berjemaah di lapangan.

Muhadjir sendiri setelah Salat Id sempat mendatangi tenda pengungsi dan mengecek lokasi hunian tetap yang akan dibangun bagi warga korban banjir bandang Masamba.

Tonton video 'Momen Presiden Jokowi Salat Idul Adha di Halaman Istana Bogor':

[Gambas:Video 20detik]



(jbr/jbr)