Pengguna KA dari Gambir-Pasar Senen Meningkat 2 Kali Lipat di H-1 Idul Adha

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Jumat, 31 Jul 2020 13:01 WIB
Stasiun Gambir ramai oleh pemudik yang hendak pulang ke kampung halaman. Mereka memilih untuk mudik agar dapat merayakan Idul Adha bersama keluarga.
Ilustrasi (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

PT KAI mengungkapkan adanya peningkatan dua kali lipat pengguna KA jarak jauh yang berangkat dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen di H-1 Idul Adha. Sebanyak 3.958 penumpang diberangkatkan pada 30 Juli 2020.

"Total penumpang KA jarak jauh pada 11 KA yang dioperasikan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen pada Kamis 30 Juli 2020 mencapai 3.958," kata Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dalam keterangan tertulisnya, Jumat (31/7/2020).

Jumlah penumpang itu mengisi hampir seluruh kursi yang disediakan PT KAI. Seluruh kursi yang disediakan sudah termasuk dalam pembatasan untuk menjaga jarak di dalam kereta.

"Jumlah tersebut mengisi sekitar 90 persen dari ketersediaan tempat duduk sebanyak 4.385 pada Kamis 30 Juli 2020. Jumlah ketersediaan tempat duduk tersebut merupakan kuota yang telah dibatasi 70 persen dari total kapasitas normal. Pembatasan dilakukan untuk penjagaan jarak di dalam rangkaian kereta," ujar Eva.

Jumlah 3.958 mengalami peningkatan dua kali lipat dibandingkan dengan akhir pekan minggu lalu. Seluruh penumpang menerapkan protokol kesehatan terkait pandemi virus Corona (COVID-19).

"Adapun pemberangkatan dengan jumlah penumpang yang meningkat sekitar dua kali lipat jika dibandingkan pada akhir pekan minggu lalu tersebut secara keseluruhan berjalan baik dengan mengikuti seluruh protokoler pencegahan COVID-19 yang diterapkan, baik di stasiun dan rangkaian kereta," ucap Eva.

"Pantauan lapangan seluruh penumpang mengikuti aturan yang diterapkan seperti menggunakan masker dan face shield setelah boarding di stasiun hingga selama perjalanan KA berlangsung. Para pengguna juga secara kooperatif mengikuti pemeriksaan suhu tubuh berkala yang dilakukan sepanjang perjalanan kereta," sambungnya.

Untuk hari ini, sebanyak 2.000 tempat duduk telah dipesan untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen. Rencananya ada 7 KA yang akan dioperasikan.

"Sementara untuk Jumat, 31 Juli 2020, di area Daop 1 Jakarta terdapat 7 KA yang dioperasikan. Tercatat sekitar 2.600 tempat duduk telah dipesan melalui jalur pemesanan online dari ketersediaan tempat duduk sebanyak 3.155," imbuhnya.

Tonton video 'Ribuan Kendaraan Melintasi Tol Cipularang Sejak Semalam':

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/hri)