Pandemi Bikin Idul Adha Terasa 'Kurang': Tak Bisa Salaman-Kunjungi Warga

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Jumat, 31 Jul 2020 09:59 WIB
Suasana salat Idul Adha 1441 H di Masjid Jami Al Mamur Tanah Abang berjalan tertib dan khidmat (Tiara Aliya/detikcom)
Warga merasa ada yang 'kurang' karena tak bisa bersalaman bahkan berangkulan karena harus mematuhi jaga jarak selama masa pandemi Corona (Rahel Narda/detikcom)
Jakarta -

Salat Idul Adha di Masjid Jami Al Ma'mur yang ada di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat (Jakpus) berjalan lancar dan khidmat. Salat Id di tengah pandemi Corona (COVID-19) memberi kesan tersendiri bagi warga.

Seorang warga bernama Abdullah (30) melakukan ibadah Salat Id di Masjid Jami Al Ma'mur di Jalan KH Mas Mansyur, Jakpus. Dia sangat menyayangkan pandemi Corona membuat budaya bersalaman menjadi tak bisa dilakukan di Hari Raya Idul Adha tahun ini

"Cuma sangat disayangkan akibat pandemi ini, akhirnya kita setelah salat yang kita biasanya saling bersalaman, kali ini dilarang untuk menjaga social distancing-nya. Itu sangat disayangkan. Karena yang biasanya kita saling merangkul, saling menyapa, kali ini nggak ada," kata Abdullah di Masjid Jami Al Ma'mur, di Jalan KH Mas Mansyur, Kebon Kacang, Jakpus, Jumat (31/7/2020).

Abdullah mengatakan ikut melaksanakan salat Id di masjid bersama keluarganya. Dia merasa adanya social distancing juga membuat pelaksanaan salat Id menjadi kurang spesial dari tahun sebelumnya.

"Untuk salatnya juga dikasih jarak. Jadi mungkin sedikit dirasa kurang spesial gitu," ucapnya.

Suasana salat Idul Adha 1441 H di Masjid Jami Al Ma'mur Tanah Abang berjalan tertib dan khidmat (Tiara Aliya/detikcom)Suasana salat Idul Adha 1441 H di Masjid Jami Al Ma'mur Tanah Abang berjalan tertib dan khidmat (Rahel Narda/detikcom)

Lebih lanjut, Abdullah mengatakan dirinya sangat ingin melakukan silaturahmi ke rumah-rumah tetangga. Namun, katanya, pandemi COVID-19 membuat masyarakat harus lebih menjaga jarak.

"Karena terus terang begini. Sebenernya sih rasanya ingin banget ke rumah-rumah tetangga ke rumah warga lain cuma bukannya saya takut. Selain misalnya kita ngejaga, dikhawatirkan takutnya itu mereka keberatan kalau kita datang. Jadi kita jaganya di kita," ujar dia.

Tonton video 'Momen Presiden Jokowi Salat Idul Adha di Halaman Istana Bogor':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2