Berkurban Sapi 1,3 Ton, Anies Cerita Beda Idul Adha Tahun Ini

ADVERTISEMENT

Berkurban Sapi 1,3 Ton, Anies Cerita Beda Idul Adha Tahun Ini

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Jumat, 31 Jul 2020 09:39 WIB
Anies menyerahkan sapi kurban seberat 1,3 ton di hari Idul Adha 1441 Hijriah
Foto: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyerahkan sapi kurban seberat 1,3 ton di hari Idul Adha 1441 Hijriah (Luqman Nurhadi Arunanta-detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wagub Ahmad Riza Patria menyerahkan masing-masing satu hewan kurban di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat. Anies menyerahkan sapi seberat 1,3 ton ke perwakilan Korpri DKI untuk kurban di hari Idul Adha 1441 Hijriah.

Pantauan detikcom di lokasi, Jumat (31/7/2020), Anies langsung menuju ke halaman Masjid Balai Kota setelah menunaikan salat Id. Anak-anak beserta istri Anies turut hadir dalam acara penyerahan sapi kurban tersebut.

"Kami sama-sama Pak Wagub, Wakil Ketua DPRD Pak Suhaimi dan Sekda tadi kami menitipkan seekor sapi beratnya 1,3 ton, kemudian dari Pak Wagub 1 ton yang nanti dipotong di Dharma Jaya," kata Anies di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (31/7/2020).

Anies turut bercerita sedikit soal perbedaan perayaan Idul Adha tahun ini dengan tahun sebelumnya. Pertemuan keluarga tahun ini, sebut Anies, menjadi lebih terbatas dan sekeluarga tidak bisa melihat pemotongan hewan kurban.

"Biasanya lihat pemotongan, cuma kita tahu aturan, justru tidak mendatangi lokasi pemotongan. Tapi mungkin saya nanti periksa satu dua tempat pemotongan, tapi tidak bersama keluarga dan anak-anak. Yang berbeda itu dari tahun sebelumnya," ujar Anies.

Anies turut berhadap momentum Idul Adha bisa memperkuat keluarga dalam menghadapi situasi pandemi Corona (COVID-19).

"Untuk itu mari kita ambil keteladanan dari peristiwa Nabi Ibrahim, ketangguhan, keteguhan, ketabahan keikhlasan, ketakwaan yang hari ini kita butuhkan untuk melewati masa pandemi ini," ucap Anies.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta menyerahkan 32 hewan kurban kepada Rumah Potong Hewan (RPH) Dharma Jaya. Hasil dari penyembelihan 32 hewan kurban tersebut akan disalurkan kepada warga, khususnya yang bermukim di lingkungan kumuh Jakarta.

"Tadi kita saksikan prosesi penyerahan 34 hewan kurban dari jajaran pemprov, baik Korpri, BUMD, yang insyaallah nantinya akan didistribusikan kepada masyarakat kurang mampu yang ada di DKI Jakarta," kata Gubernur DKI Anies Baswedan di RPH Dharma Jaya, Penggilingan, Jakarta Timur, Kamis (30/7).

Tonton video 'Usai Salat Id, Anies-Riza Serahkan Sapi Kurban Berbobot 1 Ton':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/aud)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT