Diantar Kepala BP2MI, Etty Toyib Tiba di Majalengka

Deden Gunawan - detikNews
Jumat, 31 Jul 2020 08:14 WIB
Etty Toyib tiba di Majalengka, Kamis malam (30/7/2020)
Diantar Kepala BP2MI Benny Rhamdani, Etty Toyib tiba di kampung halamannya, Cidadap Majalengka (Foto: Yulius Dimas Wisnu AW / 20detik)
Jakarta -

Setelah menempuh perjalanan sekitar lima jam dari Jakarta, Etty Rohaeti bin Toyib Anwar, 56 tahun, akhirnya berkumpul kembali dengan keluarga besarnya di Desa Cidadap, Kabupaten Majalengka, Kamis (30/7/2020) sekitar pukul 23.00. Ratusan warga yang telah menanti sejak selepas Isya, berjejer di sepanjang jalan. Di antara gema takbir menyambut hari raya Idul Adha, mereka melantunkan salawat menyambut kedatangan pekerja migran yang bebas dari hukuman mati di Arab Saudi itu.

Di halaman Kantor Desa Cidadap berjejer karangan bunga ucapan selamat datang, antara lain dari Bupati Majalengka Karna Sobahi, Muspika Cingambul, Kepala Desa Cidadap, dan PCNU Majalengka.

Kepulangan Etty Toyib diantar langsung oleh Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani, deputi, dan para direktur di Badan tersebut, serta Kepala UPT BP2MI Jawa Barat, Ade Kusnadi.

Etty Toyib, pekerja migran di Arab Saudi tiba kembali di kediaman, Majalengka, Kamis (30/7/2020).Etty Toyib, pekerja migran di Arab Saudi tiba kembali di kediaman, Majalengka, Kamis (30/7/2020). Foto: Sudrajat/detik.com

Etty yang dijemput putra tunggalnya, Didin Rosidin, 26 tahun, berada dalam satu mobil bersama Benny. Begitu turun dari Toyota Alphard B 1 PMI milik Benny, dia diukur suhu tubuhnya oleh petugas desa. Dia lantas mencuci tangan di kantor desa, lalu menuju kediamannya sekitar 300 meter dari kantor desa.

Kepada setiap warga kampung yang menyapa dan menyalaminya, Etty cuma tersenyum dan berucap singkat, "Alhamdulillah, hatur nuhun. Terima kasih, terima kasih."

Etty Toyib lolos dari hukuman mati setelah membayar diyat tebusan 4 juta riyal atau Rp 15,5 miliar rupiah. Sebelumnya dia mendekam di penjara selama 18 tahun karena didakwa meracun majikannya, Faisal al-Ghamdi, hingga meninggal dunia.

Kala itu Etty tak mampu membela diri karena kendala Bahasa. Dia hanya menerima begitu saja semua tuduhan hingga vonis dijatuhkan pengadilan. Pemerintah Indonesia terus berupaya membebaskan Etty Toyib yang berkeyakinan semua yang didakwakan kepada dirinya fitnah belaka.

Etty tiba di tanah air pada 6 Juli dan langsung menjalani isolasi mandiri di Wisma Atlet, Pademangan, Jakarta Utara. Beberapa hari kemudian tim dokter menyatakan Etty Toyib terinfeksi virus corona, dan harus menjalani pengobatan selama dua pekan.

Pada Rabu sore tim dokter menyatakan dia sudah pulih, dan Kamis petang kemarin dia akhirnya dapat berkumpul kembali dengan keluarga besarnya yang telah ditinggal selama 20 tahun.

Tonton video 'BP2MI Ungkap Modus Pengiriman Calon Pekerja Migran Ilegal':

[Gambas:Video 20detik]



(jat/jat)