Round-Up

Akal-akalan WN China Jual Sandal dengan Dalih Wisata

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 31 Jul 2020 07:07 WIB
3 WN China dideportasi dari Makassar (Hermawan-detikcom).
Foto: 3 WN China dideportasi dari Makassar (Hermawan-detikcom).
Jakarta -

Pasangan suami-istri berkewarganegaraan China harus dideportasi Kantor Imigrasi Makassar karena melanggar izin saat berada di RI. Pasutri bernama Cai Yongcong (39) dan Chen Xia (36) akal-akalan jualan di Makassar dengan izin kunjungan wisata.

Cai Yongcong dan Chen Xia, telah tertangkap Imigrasi Makassar melakukan jual-beli barang campuran di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, sehingga dinyatakan telah melanggar izin kunjungan wisatanya. Pada tahun 2019, pasutri tersebut divonis bersalah telah melanggar dan dipidana hukuman selama 10 bulan penjara.

"Dia menjual pakaian, pakaian dalam, sandal, sepatu, tas, perhiasan, dan jam tangan juga, yang dia jual ini tidak semua datang dari China, ada juga beberapa barang yang dia beli di Jakarta di Pasar Senin. Dari keterangan bersangkutan dia jual di Sinjai," ujar Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Makassar, Andi Pallawarukka, pada Jumat (5/4/2019).

Diketahui, keduanya masuk ke Indonesia pada tanggal 15 Maret 2019. Awal tujuannya hanya sekadar wisata, tapi akal-akalan mereka kemudian malah berdagang sandal.

Untuk mengelabui petugas yang melakukan pemeriksaan, kedua WN China ini juga turut memalsukan dokumen Izin Tinggal Terbatas (ITAS) nya dengan logo Imigrasi Kelas 1 Jakarta Barat.

Andi menjelaskan, Cai Yongcong dan Chen Xia seharusnya telah dideportasi pada Maret-April 2020. Namun proses deportasi terhambat pandemi virus Corona (COVID-19) dan dititipkan di salah satu rumah detensi imigrasi (rudenim) Makassar.

Tonton video '80 WN China yang Terlibat Penipuan Online Dideportasi':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2