Curhat Guru di Bogor ke Nadiem, Kerja Hampir 24 Jam hingga Ponsel Nge-hang

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Kamis, 30 Jul 2020 19:32 WIB
Mendikbud Nadiem saat dicurhati kendala PJJ oleh guru SMP di Bogor
Mendikbud Nadiem saat mendengarkan curhat terkait kendala PJJ oleh guru SMP di Bogor. (Rahel/detikcom)
Bogor -

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mendengar curhat para guru terkait pembelajaran jarak jauh (PJJ). Seorang guru di SMP Al-Ghazaly, Bogor, mengaku mengalami kendala ponselnya sering hang.

Guru Seni Budaya Keterampilan SMP Al-Ghazaly Bogor, Siti Sadiyah, menceritakan sering merasa panik saat ponsel mengalami gangguan. Dia khawatir tugas-tugas siswa yang ada di ponselnya hilang sebelum dinilai.

"Karena SBK itu ada menyanyi dan segala macam, kadang memang ditugaskan untuk menyampaikan melalui penugasan yang harus menggunakan video itu. Kendalanya itu di HP saya sendiri itu menjadi nge-hang. Karena kebetulan juga HP-nya itu HP dari masa lalu," kata Siti di SMP Al-Ghazaly, Jalan Cempaka, Kebon Kelapa, Kota Bogor Tengah, Bogor, Kamis (30/7/2020)

"Jadi ketika (HP) hang itu, saya panik. Paniknya itu, 'Aduh, hilang nggak nih data anak', karena anak juga mengumpulkan," sambungnya.

Lebih lanjut guru Bahasa Inggris SMP Al-Ghazaly, Bogor, Ira Nurandi, merasa jam kerjanya selama PJJ hampir 24 jam. Menurut Ira, beberapa siswanya ada yang mengirimkan tugas malam hari karena menggunakan paket internet tengah malam.

"Jujur, jam kerja kami panjang, itu hampir 24 jam. Saya mengajar juga, selain di SMP, saya mengajar juga di SMK. Nah, itu rata-rata anak-anak mengirimkan tugasnya tengah malam dengan alasan, 'Saya punya paket kuota hemat, jadi mohon maaf saya baru tengah malam bisa mengirimkan tugas saya'," ucap Ira kepada Nadiem.

Selain itu, guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) SMP Al-Ghazaly, Bogor, Supriyatna mengaku kesulitan saat mengajarkan olahraga ke siswanya. Menurutnya, pelajaran olahraga penting bagi kebugaran fisik siswanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2