Banjir Surut, Pengungsi di Aceh Jaya Kembali ke Rumah

Agus Setyadi - detikNews
Kamis, 30 Jul 2020 18:40 WIB
Banjir di Aceh Jaya (Foto:dok BPBA)
Banjir di Aceh Jaya (Foto:dok. BPBA)
Aceh Jaya -

Banjir yang terjadi di sejumlah daerah di wilayah barat dan selatan Aceh mulai surut. Ribuan pengungsi di Aceh Jaya kembali ke rumah-masing.

"Di Aceh Jaya sudah aman sekarang. Air sudah surut," tulis Pusdalops BPBD Aceh Jaya, Kamis (30/7/2020).

Ribuan warga itu sempat mengungsi di meunasah, masjid, serta rumah tetangga akibat banjir. Warga pulang untuk membersihkan rumah yang terendam banjir akibat meluapnya air sungai serta drainase.

"Sekarang tidak ada lagi pengungsi, sudah kembali ke rumah masing-masing," kata petugas Pusdalops.

Banjir di Nagan Raya, Simeulue, dan Aceh Selatan juga sudah mulai surut. Saat itu banjir masih terjadi di sebagian wilayah di Aceh Barat.

Petugas BPBD Aceh Barat masih mendata jumlah pengungsi. Banjir di Aceh Barat menyebabkan sejumlah infrastruktur rusak, seperti terputusnya jalan di Sungai Mas Desa Geudong, rusaknya tanggul tebing sungai dekat Masjid Desa Tanah Merah Panjang, serta amblasnya Jalan Meulaboh-Geumpang sepanjang 60 meter di Desa Lancong.

"Satu desa di Aceh Barat, yaitu Desa Karang Hampa, terisolasi karena akses jalan terendam banjir. Sekarang Aceh Barat masih tergenang banjir," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Sunawardi.

Banjir di sebagian wilayah Aceh terjadi sejak Selasa (29/7) setelah daerah tersebut diguyur hujan lebat. Banjir terjadi akibat meluapnya air sungai dan drainase.

Tonton video 'Asrama Polri di Gorontalo Terendam Banjir':

[Gambas:Video 20detik]



(agse/haf)