Banjir di Aceh Jaya, Ribuan Warga Mengungsi

Agus Setyadi - detikNews
Rabu, 29 Jul 2020 13:27 WIB
Banjir di Aceh Jaya (Foto:dok BPBA)
Foto: Banjir di Aceh Jaya (Foto:dok BPBA)
Aceh Jaya -

1.514 warga Aceh Jaya, Aceh, mengungsi akibat banjir luapan yang terjadi sejak kemarin. Warga mengungsi di masjid, rumah tetangga serta tempat evakuasi sementara.

Berdasarkan data dari Pusdalops BPBD Aceh Jaya, Rabu (29/7/2020), warga yang mengungsi tersebar di empat desa di Kecamatan Pasie Raya yaitu Tuwie Kareung (33 jiwa) mengungsi ke meunasah setempat, 150 warga Pulo Tinggi mengungsi di tempat evakuasi sementara. Selain itu, 63 warga Tuwie Raya mengungsi di masjid serta 25 masyarakat Lhok Guci mengungsi di meunasah.

Masyarakat di Aceh Jaya mulai mengungsi sejak tadi malam. Selain di Kecamatan Pasie Raya, 45 penduduk Panton Krueng Kecamatan Panga memilih mengungsi ke rumah tetangga. Pengungsi terbanyak di Kecamatan Krueng Sabe, yaitu 769 jiwa di Desa Panggong, serta 429 jiwa di Desa Buntha.

"Hari ini dilakukan penyaluran logistik bersama Dinsos dan instansi terkait ke beberapa titik pengungsi di Kecamatan Krueng Sabee seperti Desa Panggong, Buntha dan Ranto Panyang," tulis Pusdalops.

Banjir luapan di Aceh Jaya terjadi setelah daerah tersebut diguyur hujan lebat sejak Senin (27/7). Akibatnya, sejumlah sungai dan drainase meluap hingga mengakibatkan air merendam permukiman warga.

"Ketinggian air berkisar antara 20 centimeter sampai dengan 100 centimeter," tulis laporan tersebut.

Air juga menggenangi sejumlah lokasi termasuk jalan raya. Warga yang melintas diimbau berhati-hati.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Sunawardi mengatakan banjir melanda sejumlah daerah di Aceh di antaranya Aceh Jaya, Simeulue, Aceh Barat, Nagan Raya, Aceh Utara, Aceh Singkil dan Aceh Selatan. Di Gayo Lues, terjadi banjir bandang yang menyebakan tiga rumah rusak berat serta sembilan rumah rusak sedang.

"Masjid dan meunasah mengalami rusak sedang dan 12 hektare lahan persawahan dan kebun jagun rusak berat," kata Sunawardi.

Tonton video 'Hujan Selama 2 Hari, Banjir Kembali Landa Gorontalo':

[Gambas:Video 20detik]



(agse/haf)