Positif Corona di Aceh Melonjak Jadi 312 Kasus

Agus Setyadi - detikNews
Kamis, 30 Jul 2020 15:47 WIB
Poster
Ilustrasi Corona (Edi Wahyono/detikcom)
Banda Aceh -

Kasus positif Corona di Aceh melonjak drastis dalam sepekan terakhir. Hari ini, positif Corona bertambah 74 orang sehingga totalnya menjadi 312 kasus.

"Total kasus hari ini 74 orang. Terbanyak di Banda Aceh," kata Kepala Dinas Kesehatan Aceh dr Hanif saat dimintai konfirmasi, Kamis (30/7/2020).

Kasus positif baru tersebut diketahui berdasarkan hasil pemeriksaan swab yang dilakukan di Balitbangkes Aceh dan di Laboratorium Fakultas Kedokteran Unsyiah. Pasien positif tersebut tersebar di 11 daerah.

Kasus baru terbanyak terdapat di Banda Aceh sebanyak 37 orang, Bener Meriah 11 orang, Aceh Tamiang 7 orang. Selain itu, Aceh Besar 6 orang, Pidie dan Langsa masing-masing 2 orang, Aceh Tengah 1 orang, serta luar daerah 2 orang.

Dua daerah yang sebelumnya tidak ada kasus hari ini mencatat kasus pertama. Di Subulussalam terdapat satu kasus dan Aceh Tenggara tiga kasus.

Kini tinggal empat daerah, yaitu Nagan Raya, Pidie Jaya, Aceh Singkil, dan Aceh Barat, yang masih nihil kasus. Hanif belum memberikan keterangan lebih lanjut terkait profesi pasien, termasuk ada-tidaknya tenaga kesehatan yang terpapar.

"Sekarang lagi ditelusuri," jelas Hanif.

(agse/haf)