Satgas Minta Masjid Kampanyekan Protokol 3M, 3S, dan 3T Sehabis Azan

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 30 Jul 2020 11:50 WIB
Ketua Tim Pakar Satgas Penanganan Corona, Prof Wiku Bakti Adisasmito
Wiku Adisasmito (Rakean Radhana Natawigena/20detik)
Jakarta -

Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, berharap masjid bisa mengampanyekan protokol kesehatan 3M, 3S, dan 3T sehabis salat 5 waktu. Apa itu?

"Mempertegas pesan Idul Adha yang aman COVID dari Ketua DMI Bapak Jusuf Kalla, mengingat bahwa ada lebih dari 800 ribu masjid dan musala di Indonesia, untuk itu mohon agar mengampanyekan terutama pada saat setelah azan salat 5 waktu," kata Wiku dalam siaran BNPB, Kamis (30/7/2020).

Wiku lalu menjelaskan apa itu protokol 3M, 3S, dan 3T. Menurut Wiku, protokol ini penting diterapkan agar Indonesia bisa terhindar dari peningkatan kasus Corona.

"Yaitu pertama 3M, memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Yang kedua adalah 3S, semprot semua sarana, terutama sarana yang digunakan untuk ibadah. Yang ketiga adalah 3T, tes, telusuri atau tracing, dan treatment atau tanggulangi," tutur Wiku.

Wiku berharap masyarakat yang merayakan Idul Adha bisa menerapkan dengan benar protokol kesehatan ini.

"Mohon agar semua pihak terutama umat muslim yang akan merayakan Idul Adha betul betul melaksanakan protokol kesehatan dengan ketat agar betul-betul kita semua bisa terhindar dari peningkatan kasus COVID-19 di Indonesia karena adanya perayaan Idul Adha," ucap Wiku.

(gbr/fjp)