Bantuan Tunai untuk Warga Desa Sekitar Candi Prambanan

Reyhan Diandri - detikNews
Kamis, 30 Jul 2020 11:39 WIB
PT Pos Indonesia
Foto: PT Pos Indonesia
Jakarta -

Ibu Sukinah tidak bisa lagi bangun dari tempat ia tidur usai terserang stroke beberapa tahun lalu. Termasuk ketika petugas, PT Pos Indonesia mendatangi rumahnya, Kamis (23/7). Ia didampingi keponakannya tampak terbujur lemas menerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial yang dikirimkan melalui petugas pos.

"Saya sakit sudah lama, bantuan ini sangat membatu saya," ujar Sukinah, dalam keterangan tertulis, Kamis (30/7/2020).

Sukinah adalah satu dari ribuan warga desa Bokoharjo, Prambanan, Jawa Tengah yang menerima bantuan dari program BST. Program ini dilaksanakan oleh Kementerian Sosial atas perintah Presiden Joko Widodo untuk membantu kelompok masyarakat tidak mampu saat menghadapi pandemi COVID - 19.

Setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) seperti Sukinah akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp 600 ribu setiap tahapnya. Program ini pun sudah berlangsung selama 3 tahap.

"Saya gunakan untuk kepentingan sehari-hari dan berobat," ungkap Sukinah.

BST oleh pemerintah telah disebar ke seluruh keluarga tidak mampu yang terdampak pandemi Corona di seluruh Indonesia. Bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat. Pemerintah pun menunjuk Pos Indonesia sebagai ujung tombak dalam penyaluran bantuan ini.

Tonton video 'Jokowi Akan Guyur Bantuan Untuk 12 Juta UMKM':

[Gambas:Video 20detik]



(mul/ega)