Puncak Mudik Idul Adha Diprediksi Malam Ini, Terminal Kalideres Sepi

Kadek Melda - detikNews
Kamis, 30 Jul 2020 11:37 WIB
Jelang Idul Adha, Begini Kondisi Terminal Kalideres
Suasana di Terminal Kalideres (Foto: Kadek/detikcom)
Jakarta -

Suasana di terminal Kalideres, Jakarta Barat, relatif lengang pada H-1 Idul Adha. Petugas tampak berjaga di sejumlah pos pengecekan.

Pantauan detikcom di Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat, Kamis (30/7/2020) pukul 10.26 WIB, terdapat tiga pos pengecekan. Pos tersebut disediakan untuk mengecek data diri penumpang yang hendak mudik.

Namun tak banyak penumpang yang datang ke pos pengecekan tersebut. Kawasan terminal terpantau sepi pada siang ini.

Tak ada antrean di lokasi pembelian tiket. Sejumlah bus pun masih belum beroperasi.

Bila ada penumpang yang hendak mudik, nantinya mereka harus mengisi data melalui aplikasi Jakarta Kini (Jaki) dan menjawab pertanyaan kesehatan dengan CLM (Corona Likelihood Metric) di pos pengecekan. Petugas di lokasi juga akan membantu calon penumpang mengisi data apabila handphone yang dimiliki tidak mendukung untuk mendownload aplikasi tersebut.

"Selama ini kan yang diberlakukan SIKM diganti dengan pengisian data CLM. Kita di sini ada petugas yang membantu penumpang yang akan melakukan perjalanan antar kota antar provinsi untuk pengisian data tersebut," kata Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnain, di lokasi, Kamis (30/7/2020).

Jelang Idul Adha, Begini Kondisi Terminal KalideresJelang Idul Adha, Begini Kondisi Terminal Kalideres Foto: Kadek/detikcom

Revi menjelaskan, hasil dari pengisian data CLM dibagi menjadi 3 kategori, yakni rendah, sedang dan berat. Para calon penumpang akan diizinkan melanjutkan perjalanan apabila hasil CLM masuk ke dalam kategori rendah dan sedang.

"Untuk hasil dari pengisian data CLM ada 3 kategori, beresiko rendah, sedang dan tinggi. Untuk hasil level kesehatan 3 tersebut yang diperbolehkan berangkat level resiko rendah, dan sedang. Apabila beresiko tinggi, kita arahkan ke rumah dan memeriksakan kembali kesehatan nya ke puskesmas atau dokter terdekat," jelas Revi.

"Apabila dia sudah mendapatkan surat kesehatan, dengan hasilnya baik tidak sakit maka dia boleh melakukan perjalanan. Di dalam aplikasi CLM ada pertanyaan masalah kesehatan, riwayat kesehatan, suhu tubuh. Nanti hasil itu ada skornya nanti akan keluar 3 level itu tadi," sambungnya.

Tonton video 'Mudik Idul Adha Naik Kereta, Ini Syarat yang Harus Dipenuhi':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2