Ada Kader Dukung Gibran, Mardani: PKS Selalu Lurus

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Rabu, 29 Jul 2020 21:24 WIB
Mardani Ali Sera
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Sekretaris Fraksi PKS DPRD Kota Solo Didik Hermawan mengatakan Kaukus Muda PKS mendukung anak Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming, Raka di Pilkada Solo 2020. DPP PKS mengingatkan soal keputusan struktur partai.

"PKS selalu lurus. Keputusan yang diikuti keputusan struktur," kata Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera, kepada wartawan, Rabu (29/7/2020).

PKS tetap mendorong ada calon lain di Pilkada Solo 2020. PKS tak ingin Gibran melawan kotak kosong.

"Kita terus berusaha menghadirkan calon lain agar tidak kotak kosong," ujar Mardani.

Sebelumnya, Kaukus Muda PKS Solo mendukung Gibran Rakabuming Raka dalam Pilkada Solo 2020. Dukungan ditunjukkan secara simbolis dalam sidang paripurna DPRD Solo. Sekretaris Fraksi PKS Didik Hermawan yang membentuk Kaukus Muda PKS datang menggunakan pakaian pendukung Gibran.

Sosoknya menjadi sorotan karena Didik hadir mewakili F-PKS untuk membacakan pandangan dalam sidang paripurna. Saat dikonfirmasi, dia membenarkan bahwa dirinya mendukung Gibran.

"Dari awal, kami Kaukus Muda PKS mendukung Gibran, jauh sebelum rekomendasi PDIP. Ini hanya sebagai simbol dukungan saja," kata Didik kepada wartawan melalui telepon, hari ini.

Menurut Didik, Kaukus Muda PKS adalah kelompok yang bersifat ad hoc. Meski tidak resmi, para anggota PKS di dalam kelompok itu dinilai memiliki suara yang patut didengar.

"Meskipun Kaukus Muda PKS ini sifatnya ad hoc, kami juga memiliki hak bersuara agar didengar oleh DPD PKS Solo," ujar dia.

(rfs/maa)