Kunjungi Lapas Nusakambangan, Kepala BNPT Monitor Program Deradikalisasi

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Rabu, 29 Jul 2020 19:03 WIB
Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar
Komjen Boy Rafli Amar (Rakean R Natawigena/20detik)
Jakarta -

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafli Amar melakukan kunjungan kerja ke lapas di wilayah Nusakambangan. Kunjungan kerja ini dalam rangka pemantauan program deradikalisasi.

Kunjungan Kepala BNPT ini dilakukan pada Rabu (29/7/2020). Boy didampingi oleh sejumlah pejabat BNPT, di antaranya Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan, dan Deradikalisasi Mayjen Hendri Paruhuman Lubis; Deputi Bidang Penindakan dan Pembinaan Kemampuan Irjen Budiono Sandi; Direktur Deradikalisasi Irfan Idris; Direktur Penindakan Brigjen Torik Triyono; dan Direktur Penegakan Hukum Brigjen Eddy Hartono. Jajaran BNPT kemudian disambut Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Priyadi dan Kalapas Koordinator Wilayah Nusakambangan Erwedi Supriyanto.

Kegiatan diawali dengan kunjungan ke Lapas Kelas II-A Permisan dengan tingkat keamanan medium. Kepala BNPT melakukan dialog dengan empat narapidana teroris yang dijatuhi hukuman mati dan hukuman seumur hidup.

"Melalui dialog ini, aspirasi, pengalaman, dan pengembangan diri yang kian melekat dengan 4 pilar kebangsaan dapat dirasakan secara langsung oleh Kepala BNPT. Kepala BNPT juga sempat menguji pengetahuan kebangsaan para napiter dengan arahan untuk melafalkan Pancasila, serta meninjau para napiter berlatih keterampilan membatik," demikian keterangan tertulis dari BNPT, Rabu (29/7/2020).

Selanjutnya jajaran BNPT berkunjung ke Lapas Kelas II-A Pasir Putih, Nusakambangan, yang tergolong dalam tingkat keamanan super-maximum security. Tempat ini juga menjadi salah satu tempat pelaksanaan program deradikalisasi BNPT.

"Lapas ini didukung oleh teknologi keamanan canggih dan mutakhir dilengkapi oleh pintu otomatis dan ratusan CCTV di tiap sudut blok dan sel. Penghuni lapas yang hanya diisi narapidana teroris ini diawasi penuh selama 24 jam. Kepala BNPT beserta rombongan berkesempatan melihat langsung fasilitas dan keadaan lapas dengan berkeliling lapas serta menyaksikan para napiter ikrar NKRI," lanjut keterangan tertulis BNPT.

Selanjutnya
Halaman
1 2