Bertemu Mendagri Tito, DKPP Pastikan Tak Ada Intervensi

Rahel Narda C - detikNews
Rabu, 29 Jul 2020 17:19 WIB
Konferensi Pers DKPP Usai Bertemu Mendagri Tito
Konferensi Pers DKPP Usai Bertemu Mendagri Tito (Rahel/detikcom)
Jakarta -

Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) melakukan silaturahmi ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian terkait Pilkada 2020. Di situ, DKPP menegaskan tak ada intervensi dari pihak manapun termasuk Kemendagri.

"Kami ingin menyampaikan bahwa hari ini DKPP diterima oleh Pak Mendagri untuk melakukan silaturahmi dalam rangka menyampaikan kepada beliau bagaimana pelaksanaan tugas DKPP selama kurun waktu pelaksanaan pemilu dan persiapan Pilkada 2020," kata Ketua DKPP Muhammad di Gedung A Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (29/7/2020).

Muhammad mengatakan silaturahmi ini dilakukan dalam rangka persiapan Pilkada 2020. Terlebih, katanya, sebagian regulasi DKPP masih berada di bawah naungan Kemendagri.

"Ini kita mintakan waktu ke beliau karena sebagai mana menteri dalam negeri atau Kementerian Dalam Negeri itu adalah memberikan dukungan teknis administrasi kepegawaian dan anggaran kepada DKPP. Itu regulasinya seperti itu," ujar Muhammad.

Meskipun regulasi terkait anggaran dan kepegawaian DKPP masih dibawahkan Kemendagri, Muhammad menegaskan DKPP bekerja secara mandiri. Menurutnya, tidak ada intervensi dari pihak mana pun.

"Namun seperti dipahami dan tentu masyarakat juga bisa mengikuti atau bisa nilai kinerja DKPP itu dilakukan secara mandiri ya. Tidak ada intervensi apapun juga dari pemerintah dalam hal ini Kemendagri walaupun administrasi kepegawaian dan anggaran itu masih menginduk atau masih bagian dari anggaran Kemendagri," ujar Muhammad.