Warga Hendak Berkurban di Banda Aceh Naik, Daging Diantar ke Rumah Penerima

Agus Setyadi - detikNews
Rabu, 29 Jul 2020 15:31 WIB
Presiden Jokowi telah membeli sapi jenis simental berbobot 1,1 ton untuk dikurbankan di Masjid Agung Al Bantani, Banten. Begini penampakanya.
Ilustrasi sapi kurban (Ari Saputra/detikcom)
Banda Aceh -

Jumlah warga di Banda Aceh, Aceh, yang hendak menyembelih hewan kurban saat Idul Adha disebut bertambah. Pembagian daging kurban bakal dilakukan dengan cara pengantaran langsung ke rumah demi mencegah kerumunan di tengah pandemi Corona.

Salah satu wilayah yang mengalami peningkatan jumlah warga berkurban adalah Kecamatan Baiturrahman. Sementara sebelumnya ada 233 ekor hewan kurban yang akan disembelih, tahun ini jumlahnya naik menjadi 300 ekor.

"Alhamdulillah, pada saat pandemi, ternyata niat berkurban masyarakat kita meningkat," kata Camat Baiturrahman Muhammad Rizal kepada wartawan, Rabu (29/7/2020).

Jumlah 300 ekor hewan kurban itu terdiri atas 217 ekor sapi dan 83 ekor kambing. Dia mengatakan ada kemungkinan jumlah tersebut bertambah saat hari penyembelihan.

"Itu data hingga Senin (27/7) kemarin. Mungkin ada penambahan saat penyembelihan dari warga yang tidak melapor ke panitia sebelumnya," jelas Rizal.

Rizal mengatakan Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman telah mengingatkan agar pelaksanaan kurban dilakukan sesuai protokol pencegahan penyebaran virus Corona. Dia pun meminta panitia kurban menerapkan jaga jarak hingga selalu memakai masker. Pembagian hewan kurban pun dilakukan dengan cara diantar ke rumah para penerima.

"Panitia tetap kami batasi sesuai kebutuhan dan dianjurkan agar daging kurban diantar saja ke rumah masing-masing penerima," ujar Rizal.

"Hal ini guna menghindari pengumpulan warga yang akan mengambil daging kurban. Untuk teknisnya, kami kembalikan kepada gampong masing-masing," sambungnya.

(agse/haf)