Siti dan Kelumpuhannya di Tengah Pandemi

Abu Ubaidillah - detikNews
Rabu, 29 Jul 2020 13:34 WIB
PT Pos Indonesia
Foto: PT Pos Indonesia
Jakarta -

Perahu motor itu bersandar di Dermaga Pulau Kupang, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah (Kalteng), Senin (20/7). Penumpangnya adalah pegawai PT Pos Indonesia yang sedang menjalankan misi khusus, yakni mengirimkan Bantuan Sosial Tunai (BST) program Kementerian Sosial untuk warga tidak mampu, lansia dan penyandang disabilitas saat pandemi COVID-19.

Ratusan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) mendapatkan program ini. Salah satunya Siti Radiah, petani lanjut usia yang saat ini menderita kelumpuhan.

"Saya sulit jalan sudah lama tidak bisa jalan mungkin karena tulangnya keropos," ujar Siti dalam keterangan tertulis, Rabu (29/7/2020).

Untuk menerima bantuan Siti harus dipapah oleh petugas Pos Indonesia menuju dermaga. Di dalam kapal motor yang disewa tersebut Siti menerima dana BST.

"Saya sangat berterima kasih bantuan ini berguna untuk beli makan, terima kasih, terima kasih," ujarnya.

Siti merupakan petani dengan kehidupan yang serba kekurangan. Ia hidup bersama dengan anak-anaknya yang buruh pabrik pengolahan sawit. Selama pandemi pabrik tempat anak-anaknya bekerja berhenti beroperasi.

Program BST ini digagas oleh Kemensos dengan menggandeng Pos Indonesia. Tujuan utamanya membantu mereka yang kesulitan secara ekonomi di daerah Terdepan, Terpencil dan Tertinggal (3T). Untuk dapat menjangkau sasaran PT Pos Indonesia ditugaskan sebagai ujung tombak pengiriman bantuan.

Tonton video 'Panduan Kesiapsiagaan dan Evakuasi Hadapi Bencana di Tengah Pandemi':

[Gambas:Video 20detik]



(mul/ega)