Round-Up

Memburu Cuan dari Ikan 'Tiger Fish' di Sungai Lalan

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 28 Jul 2020 21:05 WIB
Ikan tiger fish di Musi Banyuasin, Sumsel gencar diburu warga.
Ikan 'tiger fish' di Musi Banyuasin, Sumsel, gencar diburu warga. (Foto Antara)

Kesempatan bagi para nelayan mengeruk cuan dari tiger fish terbuka lebar. Camat Bayung Lencir M Imron menegaskan pihaknya mendukung penuh nelayan yang berada di Desa Muara Bahar dan Desa Muara Medak dalam rutinitas sehari-hari mencari ikan hias.

Selain itu, pihaknya dalam waktu dekat akan memberikan bantuan jaring kepada nelayan yang berada di Sungai Lalan dalam menunjang penangkapan ikan.

"Kami akan memberikan bantuan jaring terhadap nelayan, jaring yang akan diberikan sesuai dari arahan Dinas Perikanan Muba dalam penangkapan ikan hias," kata dia.

Pemkab Muba mengatakan ikan tersebut bukan jenis yang dilindungi. "Benar, jika harga ikan jenis tiger fish saat ini sedang tren. Di mana ada nelayan kita menangkap ikan dan katanya harga ikan sampai Rp 25 juta," kata Plt Kepala Dinas Perikanan Musi Banyuasin Hendra Tris Tomy.

Meski mempersilakan nelayan menangkap tiger fish, dia meminta nelayan tak menggunakan alat tangkap yang merusak.

"Kira-kira tiger fish ini dilindungi tidak, kami cek memang tidak tidak dilindungi oleh UU. Silakan ditangkap, tetapi jangan pakai alat yang merusak karena alat tangkap merusak ini kami larang," katanya.

Halaman

(gbr/gbr)