Mengenal Ikan 'Tiger Fish' dari Muba Harganya Capai Rp 25 Juta

Haris Fadhil - detikNews
Selasa, 28 Jul 2020 12:57 WIB
Ikan tiger fish di Musi Banyuasin, Sumsel gencar diburu warga.
Foto: Ikan 'tiger fish' di Musi Banyuasin, Sumsel gencar diburu warga. (Foto Antara)
Musi Banyuasin -

Nelayan di Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan (Sumsel), kini heboh mencari tiger fish atau oleh warga lokal disebut ikan elang gara-gara harganya tembus Rp 25 juta per ekor. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pun memberi penjelasan soal ikan tersebut.

Peneliti ikan Pusat Penelitian Biologi LIPI, Gema Wahyudewantoro, mengatakan ikan yang diburu warga tersebut punya nama latin Datnioides microlepis. Ikan tersebut, kata Gema, belum termasuk jenis ikan langka.

"Ikan tiger fish nama jenisnya Datnioides microlepis. Ikan tersebut belum termasuk kategori langka," kata Gema, Selasa (28/7/2020).

Dia menyebut ikan ini mahal karena pola dan bentuknya yang menarik. Menurut Gema, ikan ini bisa tumbuh hingga ukuran 45 cm dengan berat 10 Kg.

"Ikan ini merupakan ikan konsumsi namun juga bisa dipotensikan sebagai ikan hias akuarium dilihat dari pola warnanya tadi. Cenderung menjadi mahal apabila dijual menjadi ikan hias dikarenakan dijual berdasarkan ukuran," ucap Gema.

Selain di Muba, tiger fish ini juga terdapat di daerah Kalimantan Barat dan dikenal dengan nama ikan ringau. Gema pun mengingatkan warga agar tidak berlebihan menangkap ikan dari sungai.

Tonton video 'Ada Ikan Purbakala dan Sumur Keramat di Objek Wisata Cibulan':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2