Isdianto dan M Sani, Kakak-Adik yang Jabat Gubernur Kepri di 1 Periode

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 28 Jul 2020 14:34 WIB
Isdianto dilantik sebagai Gubernur Kepri oleh Presiden Jokowi.
Presiden Jokowi melantik Isdianto jadi Gubernur Kepri. (Foto: dok. BPMI Setpres)

Soal perjalanan Isdianto, setelah selesai sekolah dasar, dia melangkah ke Kijang, Bintan. Dia bersekolah di SMP PGRI Kijang sampai kelas II, lalu melanjutkan pendidikan di SMP 3 Pekanbaru. Isdianto kemudian melanjutkan pendidikan di SMPP 49 Pekanbaru.

Setamat SMA, Isdianto mengikuti jejak almarhum Muhammad Sani, abang kandungnya, masuk ke Akademi Pemerintahan Dalam Negeri (APDN). Jejak-jejak keberuntungan Sani seakan diulangi oleh Isdianto.

Isdianto, seperti juga Sani, langsung mengabdi di Kepri. Sementara Sani menjadi staf di kantor Camat Kijang, Isdianto menjadi staf di Kantor Pembangunan Desa Kabupaten Kepri pada 1983-1991. Langkah karier Isdianto pun berputar-putar di Provinsi Kepri sampai hari ini. Saat Sani menjabat Kepri-1, Isdianto malang melintang di posisi Kepala Dinas Pemprov Kepri.

Menjadi lurah dan camat pernah dilakoni Isdianto. Sebagaimana jejak si Untung Sabut, gelar yang melekat pada H Muhammad Sani, Gubernur Kepri dua periode yang meninggal pada 2016, saat masih menjabat, karier Isdianto sebagai birokrat terus menanjak.

Sekitar 21 bulan setelah kakak kandungnya berpulang ke Rahmatullah, Isdianto mendapat amanah sebagai Wakil Gubernur Kepri.

Pada 11 Juli 2019, amanah untuk Isdianto semakin besar. Dia diberi amanah sebagai Pelaksana Tugas Gubernur Kepri. Mulai 27 Juli 2020, dia resmi menjabat Gubernur Kepri.


(idh/tor)