Muncul Kasus Baru COVID-19, Sekolah Tatap Muka di Sawahlunto Disetop

Jeka Kampai - detikNews
Selasa, 28 Jul 2020 13:51 WIB
Wali Kota Sawahlunto, Deri Asta (Jeka Kampai-detikcom)
Wali Kota Sawahlunto Deri Asta (Jeka Kampai/detikcom)
Sawahlunto -

Pemko Sawahlunto, Sumatera Barat (Sumbar), menutup kembali aktivitas belajar-mengajar secara tatap muka di sekolah. Penutupan dilakukan setelah ditemukan kasus baru warga yang positif terinfeksi COVID-19.

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta mengatakan kebijakan menutup sekolah dilakukan karena pertimbangan kesehatan anak didik. Kemunculan kasus baru membuat status Kota Sawahlunto berubah dari zona hijau menjadi zona kuning.

"Ada satu kasus baru, jadi semua aktivitas sekolah kami hentikan mulai hari ini sampai waktu yang belum ditentukan," kata Deri saat dimintai konfirmasi, Selasa (28/7/2020).

Dia menjelaskan satu kasus baru tersebut terkonfirmasi dari perantau yang pulang dari Samarinda, Kalimantan Timur. Warga tersebut diketahui positif COVID-19 setelah diperiksa di rumah sakit.

"Lima hari di kampung, tiba-tiba yang bersangkutan sakit dan dirujuk ke rumah sakit. Dari hasil pemeriksaan diketahui (positif) COVID. Kami langsung tracking seluruh keluarga dan diketahui ada yang bersekolah di SMP dan SMA, sehingga kami harus menutup sekolah demi keamanan semua," kata dia.

Kota Sawahlunto memulai kegiatan belajar-mengajar tatap muka di sekolah sejak 13 Juli. Selain Sawahlunto, ada tiga daerah lainnya yang membuka aktivitas sekolah pada waktu bersamaan, yakni Kota Pariaman, Pesisir Selatan, dan Pasaman Barat.

(haf/haf)