'Tiger Fish' Laku Rp 25 Juta, Pemkab Muba: Silakan Tangkap, Asal Tak Merusak

Raja Adil Siregar - detikNews
Selasa, 28 Jul 2020 13:38 WIB
Ikan tiger fish di Musi Banyuasin, Sumsel gencar diburu warga.
Ikan 'tiger fish' di Musi Banyuasin, Sumsel, diburu warga. (Foto: dok. Antara)
Palembang -

Nelayan di Sungai Lalan, Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan, sedang gencar memburu ikan tiger fish atau disebut warga ikan elang karena harganya mahal. Pemkab Muba mengatakan ikan tersebut bukan jenis yang dilindungi.

"Benar, jika harga ikan jenis tiger fish saat ini sedang tren. Di mana ada nelayan kita menangkap ikan dan katanya harga ikan sampai Rp 25 juta," kata Plt Kepala Dinas Perikanan Musi Banyuasin Hendra Tris Tomy saat dimintai konfirmasi, Selasa (28/7/2020).

Tomy juga mengaku sempat kaget mendengar harga jual ikan tersebut. Meski mempersilakan nelayan menangkap tiger fish, dia meminta nelayan tak menggunakan alat tangkap yang merusak.

"Kira-kira tiger fish ini dilindungi tidak, kami cek memang tidak tidak dilindungi oleh UU. Silakan ditangkap, tetapi jangan pakai alat yang merusak karena alat tangkap merusak ini kami larang," katanya.

Tomy menyebut ikan tersebut sulit didapatkan. Dia mengatakan ikan itu tersebar di beberapa sungai.

"Habitat ikan tiger fish yang banyak ada di Sungai Lalan, Bayung Lencir. Untuk habitat itu susah didapat, kadang nelayan ya ada dapat, kadang tidak. Tetapi ada barang ini memang ada dan menjadi komoditas ikan hias ekspor," katanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2