KLM Bukit Rahmat Tenggelam di Perairan Banggai Laut, Penumpang Selamat

M Qadri - detikNews
Selasa, 28 Jul 2020 08:42 WIB
Proses Evakuasi KLM Bukit Rahmat
Foto: Proses Evakuasi KLM Bukit Rahmat (Dok Tim Sar)
Banggai Laut -

Sebuah Kapal Layar Motor (KLM) Bukit Rahmat mengalami kecelakaan hingga tenggelam di perairan Banggai Laut, Sulawesi Tengah saat berlayar menuju ke Maluku Utara. Seluruh penumpang kapal berhasil diselamatkan.

Humas SAR Palu, Fatmawati, mengatakan kapal tenggelam pada (27/7) sekitar pukul 15.30 WITA, namun informasi yang diperoleh pada pukul 17.30 WITA. Evakuasi dilakukan oleh tim SAR gabungan hingga tengah malam dan seluruh penumpang selamat.

"Kami belum ketahui penyebab terjadinya kecelakaan kapal tersebut, namun demikian 30 POB selamat saat dievakuasi. Dari 30 POB, 17 penumpang dewasa, 4 orang anak dan 9 ABK," ucap Fatmawati pada Selasa (28/7/2020) pukul 07.30 WITA.

Diketahui bahwa kapal tersebut merupakan kapal barang yang bermuatan hasil bumi berupa cengkeh dari daerah Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara ke Kabupaten Banggai Laut, Sulawesi Tengah.

Evakuasi SAR gabungan melibatkan kantor SAR Palu, kantor SAR Kendari, Kantor SAR Ternate. Selain itu koordinasi juga dilakukan ke KPLP Luwuk, Syahbandar Taliabu, BPBD Taliabu, PT Adidaya Tangguh dan masyarakat Taliabu.

Tonton video 'KLM Bukit Rahmat Tenggelam, 30 Penumpang Selamat':

[Gambas:Video 20detik]



(zap/zap)