3 Pemuda di Soppeng Sulsel Tewas Tenggelam Saat Cari Ikan di Danau

Hermawan Mappiwali, Zulkipli Natsir - detikNews
Minggu, 26 Jul 2020 19:42 WIB
Tim SAR Evakuasi Korban Tenggelam di Soppeng
Tim SAR Evakuasi Korban (Foto: Istimewa)
Soppeng -

Sebanyak tujuh orang pemancing ikan Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan, dilaporkan tenggelam di Danau Tempe, akibat perahu yang mereka tumpangi terbalik. Tiga orang di antaranya tewas lantaran tidak bisa berenang.

"3 korban yang meninggal tidak pintar berenang," ucap Humas Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Soppeng, Rudinan saat dimintai konfirmasi detikcom, Minggu (26/7/2020).

Para korban adalah masing-masing bernama Burhanuddin (23), Jumadi (20), AF (12), dan AS (12). Tiga korban lainnya ialah para korban tewas, yakni Rahmat Hidayat (17), Andi Dede (26), dan Muhammad Rizaldi (23).

Peristiwa naas tersebut berawal saat ketujuh orang korban menumpangi perahu kecil untuk memancing ikan di Danau Tempe, Kecamatan Mario Riawa, Soppeng, sekitar pukul 10.00 Wita. Satu jam kemudian, perahu yang ditumpangi para korban tiba-tiba terbalik.

"Para korban mau pergi memancing di Danau Tempe. Dia menggunakan perahu tradisional milik masyarakat di sana. Tapi ombaknya kencang, perahunya diambil ombak dan terbalik," terang Rudinan.

Nelayan setempat melihat langsung saat kapal tersebut mulai tenggelam. Namun tidak semua korban dapat diselamatkan.

"Disaksikan warga, di sana kan banyak nelayan, kampung nelayan memang," sebut Rudinan.