Ketua RT Sebut Pria Berjaket Palu Arit Depresi karena Masalah Perempuan

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Senin, 27 Jul 2020 17:40 WIB
Poster
Foto ilustrasi viral. (Edi Wahyono/detikcom)
Bogor -

Beredar sebuah video yang menunjukkan ada seorang pria di Bogor yang diamankan warga karena memakai jaket berlogo seperti palu-arit. Ketua RT tempat pria itu tinggal menyebut pria tersebut sudah lama depresi lantaran masalah asmara.

"Depresi, ya mungkin namanya anak muda pengen nikah atau gimana. Cuma masalah perempuannya pribadi, saya juga nggak tahu-menahu kan. Ya kurang-lebihlah (depresi sejak tahun) 2000 berapa gitu," kata Ketua RT setempat, Raden Saepudin (51), ketika ditemui di rumahnya di kawasan Cibinong, Kabupaten Bogor, Senin (27/7/2020).

Saepudin mengatakan warganya yang berinisial RS ini sudah sempat berobat di rumah sakit dari sebelum dirinya menjabat ketua RT. Namun, untuk berapa lama RS dirawat, Saepudin mengaku tidak mengingatnya.

Sebelum depresi, RS diketahui sangat aktif dan sering membantu warga. "Dulu aktif dia. Saya sendiri kehilangan sejak dia begitu (depresi)," lanjut dia.

Saepudin mengungkapkan RS lebih banyak di rumah ketika mengalami gangguan kejiwaan atau menjadi orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Saat ini, RS tinggal bersama orang tuanya.

Terkait kejadian yang dialami RS di sekitar Sukaraja karena memakai jaket berlogo palu-arit dan bendera partai, Saepudin mengaku tidak mengetahuinya. Dia mengetahui kejadian itu saat dihubungi Bhabinkamtibmas bahwa RS dibawa ke Polres Bogor Kota untuk diamankan.

Saepudin mengaku langsung menuju polres sambil membawa surat keterangan gangguan jiwa RS.

"Memang inisiatif saya, inisiatif saya bahwa orang (RS) itu memang betul-betul ada gangguan jiwa. Untuk membuktikan itu (bawa surat keterangan gangguan jiwa ke polres)," ujar Saepudin.

Terpisah, RS mengaku tak bermaksud menyebarkan paham komunis saat membawa bendera partai dan memakai jaket palu-arit. RS mengungkapkan PKI yang dia maksud adalah 'Perkebunan Karet Indonesia'.

"Oh saya mah bukan untuk menyombongkan diri dan saya pun bukan seorang komunis. Tapi palu-arit itu hanya sekadar suka aja, gitu. Saya juga suka babat dan saya juga buruh bangunan, gitu ya, suka kerja di bangunan. Bagi saya, PKI itu singkatan dari Perkebunan Karet Indonesia, masa lalu orang-orang tua kita di... jadi sejarahnya ada waktu di sini, di Karadenan," kata RS saat ditemui di rumahnya, di kawasan Cibinong, Kabupaten Bogor.

Sebelumnya, video seorang pria yang memakai jaket dicat logo palu-arit diamankan warga beredar di media sosial. Polisi menyebut pria tersebut menderita gangguan jiwa.

Dalam video yang berdurasi 2.28 menit tersebut, tampak seorang pria berambut panjang membawa jaket yang dicat logo palu-arit. Tampak juga bendera partai di lokasi pria tersebut diamankan.

Warga tampak menginterogasi pria tersebut. Mereka menanyakan alasan pria tersebut memakai jaket dicat logo palu-arit.

"Iya saya tahu, bahwa emang gua orang komunis, silakan tapi gua komunis gua pribadi tidak ada sangkut paut terhadap partai PDI," ujar pria tersebut menjawab pertanyaan warga.

Kasat Reskrim Polres Bogor Kota, AKP Firman Taufik, membenarkan soal kejadian tersebut. Pria itu diamankan di wilayah Talang, Bogor Utara.

"Benar diamankan, itu diserahkan sama warga, cuma ternyata orang itu orang dalam gangguan jiwa, ada surat keterangannya," kata Firman saat dihubungi, Minggu (26/7).

Tonton video 'Kasir Pakai Baju Berlogo Palu Arit di Makassar Dipulangkan':

[Gambas:Video 20detik]



(elz/ear)