Jelang Idul Adha 2020 Ada Ibadah Sunah Puasa Tarwiyah, Ini Bacaan Niatnya

Tim Hikmah detikcom - detikNews
Senin, 27 Jul 2020 17:17 WIB
One day One Hadits Keutamaan sholat malam Lailatul Qadr
Jelang Idul Adha, Begini Bacaan Niat Puasa Tarwiyah (Ilustrasi: Mindra Purnomo/detikcom)
Jakarta -

Dua hari menjalang Idul Adha 2020, ada amalan sunah Puasa Tarwiyah di tanggal 8 Dzulhijjah. Sesuai hasil sidang Isbat Kementerian Agama Puasa Tarwiyah bulan ini jatuh pada, Rabu tanggal 29 Juli 2020.

Puasa tarwiyah merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan menjelang Idul Adha 2020 atau di sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah. Rasulullah SAW menyebut, berpuasa satu hari di awal bulan Dzulhijjah setara dengan puasa satu tahun.

Rasulullah SAW bersabda:

"'Tiada ada hari yang amal sholeh, lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari yang sepuluh ini (10 hari pertama bulan Dzulhijjah).' Sesungguhnya berpuasa satu hari di dalamnya membandingi berpuasa satu tahun. Melakukan Sholat malam di dalamnya membandingi sholat malam pada malam Lailatul Qadar. Salah seorang sahabat bertanya 'Apakah lebih baik daripada jihad fii sabiilillaah?' Beliau bersabda, 'Iya. Lebih baik daripada jihad fii sabiilillaah, kecuali seseorang yang keluar berjihad dengan harta dan jiwa raganya kemudian dia tidak pernah kembali lagi (mati syahid)'".

Demikian bunyi hadits riwayat Imam Bukhari dari Ibnu Abbas sebagaimana dikutip dari Kitab Ihya Ulumiddin karya Imam Al Ghazali. Hadits dengan redaksi hampir sama juga diriwayatkan oleh Imam At Tirmidzi dan Ibnu Majah dari Abu Hurairah.


Niat Puasa Tarwiyah

نويت صوم التروية سنة لله تعالى

Arab latin: Nawaitu shauma al tarwiyata sunnatan lillahi ta'ala

Artinya: "Saya niat berpuasa sunnah tarwiyah karena Allah ta'ala."

Puasa Tarwiyah jelang Idul Adha 2020 hukumnya sunah. Sejumlah ulama berpendapat, karena hukumnya sunah niat Puasa Tarwiyah boleh saja dilafalkan di pagi hari. Tentunya dengan catatan, belum makan apa-apa sejak menjelang Subuh.

Niat puasa Tarwiyah revisiBacaan Niat Puasa Tarwiyah (Ilustrasi: Fauzan Kamil/detikcom)

(erd/erd)