Citos Bantah Broadcast Sejumlah Karyawan Terpapar Corona, Ini Penjelasannya

Tim detikcom - detikNews
Senin, 27 Jul 2020 14:06 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Pihak Mal Cilandak Town Square membantah broadcast yang beredar terkait adanya sejumlah karyawannya yang terpapar Virus Corona (COVID-19). Pihak Citos memastikan sudah melakukan pengecekan terhadap karyawan dan tidak ada yang terkena COVID-19.

Dalam broadcast yang beredar di grup-grup WhatsApp tersebut disampaikan, bahwa ada banyak karyawan Mal Citos yang terpapar COVID-19. Disebut pula satu karyawan Citos ada yang diisolasi sehingga kondisi mal tersebut saat ini rawan.

"Info bapak, hindari Citos byk karyawannya terpapar covid 19, ini ada satu karyawannya masih sdg diisolasi di rumahnya menunggu tim medis evakuasi, hasil swab positif. Area Citos rawan," demikian informasi dalam broadcast yang tersebar luas. Dikonfirmasi soal ini, Manajer Operasional Citos, Bambang langsung membantah.

"Enggak betul itu, enggak ada ini kita. Kemarin dari hari Jumat itu saya dapat kabar ini, berita yang dari group group WA itu, saya bingung juga itu, saya mau jawab juga jawab apa karena sampai saat ini nggak terima informasi masalah itu. Sementara ini gitu ya," kata Bambang saat dihubungi, Senin (27/7/2020).

Bambang memastikan pihaknya sudah berupaya melakukan penelusuran kepada karyawan usai mengetahui adanya broadcast ini. Hasilnya menurut dia hingga kini tidak ada karyawan yang ditemukan terpapar Corona.

"Oh sudah, dari Jumat kita sudah ngecek-ngecek dan kita nggak menemukan," ucapnya.

Sementara itu dihubungi terpisah, Kapolsek Cilandak, Kompol Martson Marbun mengaku pihaknya juga sempat menelusuri informasi yang beredar tersebut. Dia menyampaikan informasi tersebut sudah beredar sejak Jumat (24/7) lalu.

"Iya (kita cek), saya barusan berkomunikasi dengan manager Citos, setelah saya komunikasi dengan Citosnya bahwa itu berita memang dari hari Jumat, begitu ngomongnya," kata Martson saat dihubungi, Senin (27/7/2020).

Martson lalu menerangkan, berdasarkan penjelasan Manajer Mal Citos bahwa tidak ada karyawan yang terkena virus Corona.

"Itu berita dari Hari Jumat beredar. Sama sekali nggak ada kata manager Citosnya itu," ucapnya.

"Hasil koordinasi dengan Manajer Citos, itu untuk saat ini belum ada info itu, begitu ya," sambung Martson menegaskan.

Wali Kota Jakarta Selatan, Marrulah Matali, dihubungi terpisah juga menyampaikan dirinya belum mendapat laporan terkait isu adanya penularan di Citos tersebut. Meski demikian dia meminta masyarakat untuk tetap waspada.

"Saya belum dapat informasi. Tanya sama yang tracing deh. Belum dilaporkan ke saya. Imbauan saya waspada ya," sebut Marrulah.

Tonton video 'Tips Aman Naik Kendaraan Umum di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru':

[Gambas:Video 20detik]



(maa/hri)