Meski Tak Bergejala, 1 Keluarga di Tamansari Bogor Positif Corona

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Senin, 27 Jul 2020 14:04 WIB
Poster
Foto: Edi wahyono
Kabupaten Bogor -

Satu keluarga di Tamansari, Kabupaten Bogor positif terinfeksi virus Corona (COVID-19). Empat anggota keluarga tidak memiliki gejala penyakit atau orang tanpa gejala (OTG).

"Iya betul, (1 keluarga positif COVID-19 yang terdiri dari) satu bapak, ibunya, terus dua anaknya. Iya (mereka semua) OTG," kata Kepala Puskesmas Sirnagalih, Tamansari, Kabupaten Bogor dr Netty, saat dihubungi, Senin (27/7/2020).

Netty mengungkapkan 1 keluarga ini diketahui positif terinfeksi virus Corona usai sang ayah ikut melakukan test swab massal di Terminal Baranangsiang, beberapa waktu lalu. Dari hasil pemeriksaan swab test, lanjutnya, ayah dari keluarga tersebut dinyatakan positif COVID-19.

"Nah karena bapaknya positif, kita langsung cek keluarganya, gitu. Ternyata hasil (tes) swabnya, keluarganya juga positif," lanjutnya.

Dia pun mengatakan ke empat anggota keluarga ini melakukan isolasi mandiri di rumah. Isolasi mandiri dilakukan karena seluruh anggota keluarga ini berstatus OTG.

Rabu (29/7) nanti, sambungnya, seluruh keluarga ini akan menjalani swab test ulang. Swab test dilakukan untuk mengetahui apakah 1 keluarga ini masih terinfeksi COVID-19 atau tidak.

Netty menambahkan sekitar 8 orang yang kontak erat dengan keluarga tersebut. Mereka semua berstatus orang dalam pemantauan (ODP).

"Ininya sih pemantauan ya tetangga, tukang sayur terus tukang warung, itu pemantauan, ya. (Mereka semua) baru ODP aja," ungkapnya.

(aik/aik)