CT Bicara Pentingnya Tolong Menolong di Tengah Pandemi Corona

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 26 Jul 2020 20:09 WIB
Pengarahan CT detiknetwork
Foto Founder and Chairman CT Corp, Chairul Tanjung: (Muhammad Ridho-detik)
Jakarta -

Founder & Chairman CT Corpora, Chairul Tanjung (CT) menilai leadership sangat penting dalam menjalani pemulihan ekonomi. Dia menilai di situasi Indonesia saat ini kerja sama antar-lembaga sangat penting.

"Kembali tadi saya mengatakan, perlu ada leadership supaya nggak ada lagi nanti satu institusi dengan institusi lain itu mempunyai pemikiran sendiri-sendiri, akibatnya saling mengunci, kalau keadaan normal mungkin nggak apa-apa, tapi kalau keadaan krisis gini kita perlu satu lembaga, dengan lembaga lain itu justru saling mendukung, saling menutup kekurangan. Jadi dengan begitu, maka makin baik dan cepat prosesnya," kata CT dalam Talkshow Virtual 'Menjaga Semangat, Membangun Asa, Indonesia Jaya Bersama Chairul Tanjung', Minggu (26/7/2020).

CT lantas memberi contoh tentang pemberian bantuan UMKM terdampak pandemi. Menurutnya, penting di situasi saat ini saling tolong menolong.

"Misalnya bantuan pada UMKM itu sebaiknya jangan diberikan pada bank, tapi langsung saja kasih uangnya ke UMKM nya, karena dengan begitu dia bisa langsung bergerak, walaupun kita tau UMKM kita tidak punya datanya, siapa yang UMKM, berapa banyak, di mana orangnya, by name by address-nya di mana," ucapnya.

"Kalau krisis jangan liat prosedurnya, lihat sejauh mana kita bisa lebih banyak menolong orang untuk mengatasi krisis ini. Sehingga semakin banyak orang selamat, makin banyak orang tidak terinfeksi, dan makin banyak orang tidak berkorban karena permasalahan yang dihadapi khususnya masalah ekonomi, jadi ini yang harus kita lakukan," tambahnya.

CT beranggapan bantuan seperti perlindungan sosial sebaiknya diserahkan langsung kepada penerima. Meskipun tidak mudah dilakukan, CT berharap pemerintah dapat melakukan terobosan baru.

"Saya menyarankan, saya kira perlindungan sosial itu sebaiknya dilakukan langsung pada penerima. Jadi tidak melalui tahapan-tahapan ya, nah kalo melalui penerima itu akan lebih efektif," tutur CT.

(zap/gbr)