Penjelasan RSD Wisma Atlet soal 1 Pasien Positif Corona Kabur Saat Dirawat

Ibnu Hariyanto - detikNews
Minggu, 26 Jul 2020 17:00 WIB
Dua wisma atlet di Indonesia dialihfungsikan jadi tempat penanganan corona. Sejumlah negara ini juga jadikan wisma atlet sebagai tempat penanganan pasien Corona
RS Darurat Wisma Atlet (Getty Images)
Jakarta -

Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, memberi penjelasan terkait kabar seorang pasien positif Corona yang kabur saat melakukan perawatan. Pasien itu meninggalkan RS Wisma Atlet karena ketidaktahuannya tentang prosedur izin isolasi mandiri.

Koordinator operasional RSD Wisma Atlet Kol Ckm dr Stevanus Doni mengatakan pasien tersebut bernama Suyanto (39). Ia mengatakan Suyanto awalnya meminta izin untuk melaksanakan isolasi mandiri.

"Dengan berjalannya perawatan, Suyanto minta izin untuk melaksanakan isolasi mandiri," kata Kol Ckm dr Stevanus Doni dalam keterangan tertulis, Minggu (26/7/2020).

Dokter Doni menjelaskan, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi saat pasien Corona ingin melaksanakan isolasi mandiri. Syarat itu antara lain surat persetujuan dari dokter yang menangani hingga hasil penelusuran tim psikologi klinis RSD Wisma Atlet untuk mendapat persetujuan dari lingkungan tempat tinggal.

"Harus memenuhi kriteria, di antaranya administrasi persetujuan dari dokter yang menangani atau DPJP-nya (dokter penanggung jawab pasien), tim psikologi klinis RSD Wisma Atlet untuk dilakukan edukasi dan tim surveilans guna dilakukan penelusuran melalui Dinkes tempat domisili pasien untuk mendapatkan surat dari RT/RW tentang kesediaan warga setempat menerima kembali pasien dalam lingkungan tempat tinggal," ungkap dr Doni.

Doni mengatakan sebenarnya persyaratan Suyanto untuk melaksanakan isolasi mandiri sedang diproses oleh pihak RSD Wisma Atlet. Namun Suyanto disebut tidak sabar dan pergi meninggalkan RSD Wisma Atlet.

"Berkaitan dengan Suyanto, sebenarnya sudah konfirmasi terlebih dahulu ke bagian keperawatan dan sedang diproses tentang administrasinya, namun karena ketidaktahuan pasien sehingga mereka tidak sabar menunggu proses administrasinya sehingga mereka meninggalkan rumah sakit," ujarnya.

dr Doni mengatakan pihak rumah sakit pun langsung melakukan pengecekan dan mendapati Suyanto sudah pulang ke rumah. Dia menyebut saat ini Suyanto tengah mengajukan isolasi mandiri di RS Gading Pluit.

Tonton video 'Kata Ahli Soal Arak Bali Diklaim Sembuhkan Pasien Corona':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2