Bundaran HI Dipadati Pesepeda Meski Tidak Ada CFD, Ini Kata Anies

Wilda Nufus - detikNews
Minggu, 26 Jul 2020 10:53 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di kawasan Bundaran H, Jakarta Pusat, Minggu (26/7/2020).
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di kawasan Bundaran HI. (Wilda/detikcom)
Jakarta -

Kawasan Bundaran HI ramai dipadati pesepeda dan warga yang joging meski car free day (CFD) belum diberlakukan. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut masyarakat memiliki hak untuk memilih berolahraga di mana pun, asalkan tetap menggunakan masker.

"Yang penting adalah bagi masyarakat yang keluar menggunakan masker. Kalau kita lihat di sini alhamdulillah. Kita bisa lihat sendiri, secara umum masyarakat menggunakan masker. Kalau ini bisa dijaga, maka berolahraga itu baik-baik saja, apalagi di udara terbuka," kata Anies kepada wartawan di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (26/7/2020).

"Tapi yang penting protokol kesehatan, terutama masker, itu gunakan. Jadi masyarakat memiliki hak untuk memilih," imbuhnya.

Anies mengklaim volume warga yang berolahraga di Jalan Sudirman-Thamrin berkurang. Sebab, sebut dia, Pemprov DKI memecah konsentrasi massa dengan membuka kawasan khusus pesepeda (KKP) yang tersebar di 30 titik.

"CFD tetap diselenggarakan di Jakarta. Ada 30 lokasi disebar, tidak hanya di jalan Sudirman-Thamrin saja. Lalu kita menyaksikan bahwa volume atau jumlah masyarakat di Jalan Sudirman-Thamrin lebih kecil. Masih banyak orang, tapi jauh lebih sedikit daripada sebelumnya," tuturnya.

Anies membandingkan jumlah pengunjung sebelum dengan sesudah kawasan pesepeda disebar di 30 lokasi. Menurutnya, volume warga saat ini jauh lebih berbeda setelah dilakukan pemecahan lokasi.

"Tapi, kalau Anda lihat antara dulu sebelum dipecah di 30 lokasi dengan sesudah dipecah 30 lokasi, beda sekali volume orang yang berada di kawasan Bundaran HI ini," ucap Anies.

Diketahui sebelumnya, hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, belum diberlakukan hingga hari ini. Namun situasi di lokasi tetap dipadati oleh pesepeda dan warga yang joging.

Pantauan detikcom, Minggu (26/7) sekitar pukul 08.00 WIB, warga yang didominasi pesepeda memadati kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat. Mereka terdiri atas berbagai kalangan, dari orang tua, remaja, hingga anak-anak.

Pesepeda menyebar ke ruas jalan khusus kendaraan dan sering kali berimpitan dengan pemotor dan pengguna roda empat. Jalur pop-up sepeda terlihat dijadikan tempat singgah.

Tonton video 'Tak Ada CFD, Warga Tetap Padati Bundaran HI':

[Gambas:Video 20detik]



(zak/zak)