Bupati Merangin Akan Siapkan Markas buat Pengurus Baru PMI

Nurcholis Maarif - detikNews
Sabtu, 25 Jul 2020 21:13 WIB
Pemkab Merangin
Foto: Dok. Pemkab Merangin
Jakarta -

Dewan Kehormatan dan Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Merangin baru saja dilantik oleh PMI Jambi. Bupati Merangin Al Haris yang hadir dalam pelantikan tersebut mendukung penuh keberadaan PMI Merangin dan aktif untuk misi kemanusiaan.

"Kami mengharapkan pengurus bekerja dengan baik. Kita sangat butuh PMI dan kita segera menyiapkan tempat. Nanti jika sudah pindah kantor bupati baru dan kantor bupati lama ada ruangannya, kita siapkan untuk kantor PMI," kata Al Haris dalam keterangan tertulis, Sabtu (25/7/2020).

"Kita harap ada bank darah dan kita bisa banyak membantu masyarakat. Kita berharap PMI kembali bangkit dan banyak pengalaman, kita jadikan motivasi untuk lebih maju. Saya sangat mensupport PMI karena ini misi kemanusian," imbuh Al Haris.

Sementara itu, Ketua PMI Jambi Hasan Basri Agus yang melantik kepengurusan baru PMI Merangin berharap agar PMI Merangin eksis di tengah masyarakat dan Pemkab Merangin membantu anggaran untuk kegiatan PMI.

"Sebenarnya PMI Provinsi Jambi juga baru eksis beberapa bulan ini, ahamdulillah kita cukup aktif. Kita harap PMI Merangin juga eksis, aktif membantu masyarakat, karena masyarakat butuh kita," kata anggota DPR RI ini.

"PMI harus cepat hadir di tengah masyarakat jika terjadi bencana, apa lagi saat COVID-19 ini PMI sangat dibutuhkan perannya. Pemkab juga kita minta mengalokasikan dana untuk PMI dan itu diamanatkan UU, ada dasar hukumnya," tambahnya.

Ketua PMI Baru Handayani, dalam sambutannya, mengatakan PMI Merangin sangat butuh bimbingan dan dukungan Pemerintah Kabupaten Merangin. Mantan anggota DPR RI ini juga berencana PMI Merangin punya bank darah yang siap melayani masyarakat 24 jam.

"Kami perlu bimbingan dari PMI Provinsi Jambi dan juga dukungan Pemkab Merangin, apalagi kami belum punya markas. Kami ingin bentuk kepengurusan di kecamatan-kecamatan, pembinaan palang merah remaja (PMR) dan membentuk bank darah yang aktif," kata Handayani.

Sebagai informasi, selain Handayani yang dilantik sebagai Ketua PMI Merangin, ada juga Dewan Kehormatan PMI Merangin yang diisi oleh Suhaibi, Adnan, dan H. Roni. Dalam pelantikan tersebut, turut hadir Bupati Merangin Al Haris, Dandim 0420 Sarko, dan sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

(prf/ega)