Khasiatnya Dinilai Mirip Vaksin Corona, Ini Anjuran Minum Tolak Angin

Nurcholis Maarif - detikNews
Sabtu, 25 Jul 2020 19:09 WIB
Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat
Foto: Nurcholis Maarif/detikcom
Jakarta -

Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat menyebut Tolak Angin memiliki khasiat yang mirip dengan vaksin COVID-19 yang dapat meningkatkan sel T dalam tubuh. Sel T diketahui dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Ia pun memberikan anjuran agar bisa meningkatkan daya tahan tubuh dengan Tolak Angin.

"Minum terus setiap hari sesuai dosis. Ini 3 kali (sehari) kalau orang sakit, kalau dosis untuk penjagaan bisa 2 kali satu hari. Saya sudah 5 bulan minum, saya biasanya minum saat nggak enak badan, tapi karena Covid ini (minum terus selama 5 bulan)," ujar Irwan, Cipete, Jakarta Selatan, Sabtu (25/7/2020)

"Selama pandemi ini saya minum dua kali sehari, hasilnya it's oke," imbuhnya.

Menurut Irwan, hasil penelitian uji toksisitas tahun 2003 dan uji khasiat pada 2007 Tolak Angin dapat meningkatkan sel T. Selain itu konsumsi Tolak Angin juga tak mengganggu hormon.

"Jadi diminum selama 232 bulan asal sesuai aturan tidak ada kerusakan di lambung itu nanti ada liver, pankreas, dan tidak mempengaruhi testis dan hormon pria maupun wanita," imbuhnya.

Sebelumnya Irwan mengatakan Tolak Angin memiliki khasiat meningkatkan sel T dalam tubuh. Sel tersebut berperan dalam menjaga daya tahan tubuh. Kandungan sel T dalam produk Tolak Angin dikatakan mirip dengan vaksin Corona yang dikembangkan di Inggris serta perusahaan asal China, Sinovac.

Atas temuan itu Irwan pun merekomendasikan agar masyarakat dapat mengonsumsi vitamin C dan memanfaatkan produk Tolak Angin selagi vaksin COVID-19 belum resmi ditemukan.

"Selama vaksinnya belum ada, banyaklah obat-obat yang menambah vitamin C, meningkatkan daya tahan tubuh, dan saya merekomendasikan Tolak Angin. Ini yang sudah ada jelas penelitiannya," pungkasnya.

Tonton video 'Fakta dan Mitos Soal Eucalyptus hingga Renang Saat COVID-19':

[Gambas:Video 20detik]



(prf/ega)