Saat Para Politikus PKB Main Ketoprak Humor

Mega Putra Ratya - detikNews
Sabtu, 25 Jul 2020 14:59 WIB
PKB
Foto: dok PKB
Jakarta -

Para pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menunjukkan aksinya dalam bermain ketoprak humor. Pagelaran ini untuk menghibur masyarakat, terutama keluarga besar PKB, di tengah pandemi agar suasana lebih akrab.

"Terpenting kita tetap happy agar imun tubuh kita semakin baik," ujar Ketum DPP PKB Muhaimin Iskandar kepada wartawan, Sabtu (25/7/2020).

Pagelaran seni ini, menurut Cak Imin, juga sebagai upaya PKB untuk terus melestarikan budaya seni tradisional. Sebab, PKB sejak awal berdiri bertekad untuk menjadikan budaya sebagai landasan dalam doktrin dan langkah politiknya.

"Karena kalau budaya sebagai panglima, masa sulit apapun akan enak. Masa sulit apapun bisa dihadapi. Budaya sebagai panglima juga akan mengantisipasi keadaan rumit, bisa diatasi dengan tenang, nyaman dengan pandemi," tuturnya.

Mereka yang terlibat dalam pementasan seni ini di antaranya Menaker yang juga Wakil Ketua Umum Ida Fauziyah, mantan Menaker yang juga Wakil Ketua Umum Hanif Dhakiri, Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PKB Hasanuddin Wahid, Wakil Bendahara Umum (Wabendum) Bambang Susanto, Ketua Fraksi PKB DPR Cucun A Syamsurijal, Anggota DPR Tommy Kurniawan, Fathan Subchi, Faisol Reza dan Ketua DPP Ahmad Iman.

Ketoprak dengan lakon Satrio Tali Jagat ini disutradarai seniman tradisional Kirun, dan diramaikan Marwoto, Anyadwinov dan Chika Jessica. Aksi mereka bercerita tentang dua putri yang diculik kerajaan tetangga.

Rencananya kedua putri tersebut akan dijadikan istri. Namun sebelum niat tersebut tercapai, maha guru yang diperankan Sekjen PKB Hasanuddin Wahid mengutus dua muridnya, Hanif Dhakiri dan Tommy Kurniawan untuk mengambil kembali dua gadis yang diculik tersebut.

Sementara, Ketua FPKB DPR Cucun A Syamsurijal dan Bambang Susanto berperan sebagai dua kakak beradik penjahat yang menculik putri. Cucun mengatakan, dirinya sebagai adipati menginginkan bagaimana agar sebuah negara bisa ditata menjadi teratur dan memiliki kekuatan.

(ega/mpr)