Round-Up

Jejak Fotografer Muncikari Nongkrong Bareng Hana Hanifah di Kafe

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 25 Jul 2020 09:58 WIB
Foto Hana Hanifah (Datuk Haris Molana-detikcom)
Foto: Hana Hanifah saat di Polrestabes Medan. ((Datuk Haris Molana-detikcom)
Medan -

Fotografer berinisial J, tersangka muncikari kasus dugaan prostitusi yang menyeret artis FTV, Hana Hanifah belum terungkap. Polrestabes Medan mengirim tim ke Jakarta untuk memburu J.

Kapolrestabes Medan Kombes Riko Sunarko mengatakan pihaknya berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya dalam memburu J. J sendiri disebut sering nongkrong bareng Hana di salah satu kafe di kawasan Senayan, Jakarta.

"Kita lagi pendalaman, anggota juga masih ngecek ke Jakarta," kata Riko Sunarko, dimintai konfirmasi, Rabu (22/7/2020).

Polisi awalnya mengamankan Hana bersama pria inisial A dari salah satu hotel di Medan, pukul 23.30 WIB, Minggu (12/7). Usai gelar perkara, polisi menetapkan R dan J sebagai tersangka. Sementara Hana dan A, yang diduga sebagai pemesan berstatus sebagai saksi karena diduga menjadi objek yang 'diperdagangkan' dalam kasus dugaan prostitusi ini.

R yang sudah ditangkap berperan menjemput Hana dari bandara menuju hotel. Dia juga membantu Hana selama di Medan dan dijanjika uang untuk mengurus Hana.

"Tersangka, Saudara R, berkomunikasi dengan tersangka lain, yaitu Saudara J, yang ada di Jakarta. Yang kita duga adalah muncikari di Jakarta," kata Kombes Riko Sunarko, di Medan, Selasa (14/7).

Sedangkan J diduga menjadi muncikari dan berada di Jakarta. Menurut Riko, tersangka J kerap bertemu dengan Hana di sebuah kafe di Senayan, Jakarta.

"Jadi si H ini dia nongkrong-nya di kafe itu dengan temen-temen-nya. Si J ini yang koordinir yang kita duga dia muncikarinya," ungkap Riko.

Lalu, Riko mengatakan J menawarkan kencan ke Hana Hanifa. Setelah itu, J menawarkan ke pengusaha berinisial A.

"Dia (J) inilah yang aktif menawarkan itu, mau nggak, mau nggak, mau nggak, gitu. Baru si J menawarkan ke sini (ke A)," ujarnya.

"Iya (J menawarkan ke A)," imbuhnya.