Round-Up

Zulhas Vs Amien Rais Makin Panas

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 25 Jul 2020 07:00 WIB
PAN menggelar rakernas untuk mempersiapkan pemilihan ketua umum partai itu. Sejumlah tokoh mulai dari Amien Rais hingga Zulkifli Hasan hadiri acara itu.
Foto: Kebersamaan Amien Rais dan Zulkifli Hasan (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Sejak pendiri Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais mengaku telah dikeluarkan dari partai berlambang matahari putih itu, adu pernyataan antara loyalisnya dengan dewan pengurus pusat partai tak terhindarkan. Loyalis mengamini perkataan Amien Rais, namun DPP PAN membantah telah mendepak Amien Rais.

Hal ini bermula dari pengakuan Amien Rais kepada Tengku Zulkarnain yang tayang di YouTube, seperti dilihat detikcom, Kamis (23/7/2020). Politikus senior itu mengaku dikeluarkan dari PAN oleh anak buahnya.

"Kemudian saya tidak di PAN sama sekali. Saya sudah dikeluarkan anak buah saya, karena berbeda prinsipnya," kata Amien dalam perbincangan itu.

Amien dalam tayangan Youtube itu juga mengecam sikap Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan (Zulhas) yang membawa para pengurus partai menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara. Amien kemudian membantah dirinya mengkritik pemerintah agar anaknya mendapatkan kursi di Kabinet Indonesia Maju.

"Masa saya minta anak saya jadi menterinya Jokowi? Ya Allah, nauzubillahiminzalik ya, itu adalah hoax ya, hoax. Kalau ada satu orang yang belum pernah menginjak Istana, tokoh, itu namanya Amien Rais. Alhamdulillah. Saya nggak tergoda, sedikit pun," ucap Amien.

Menanggapi ucapan sesepuh partainya, Waketum PAN Viva Yoga Mauladi memberikan bantahan. Viva Yoga menilai 'mengeluarkan Amien Rais dari PAN' adalah kemustahilan.

"Mana mungkin Pak Amien Rais dikeluarkan dari PAN? Pak Amien adalah tokoh reformasi, salah satu pendiri PAN, pernah menjadi Ketua Umum PAN, dan menjadi personifikasi bahwa PAN itu Amien Rais, Amien Rais itu PAN," kata Waketum PAN Viva Yoga Mauladi.

Viva Yoga menyampaikan Zulhas tak pernah berniat menyingkirkan Amien dari partai. Viva Yoga menyebut tak ada juga kebijakan di DPP PAN soal 'mengeluarkan Amien Rais dari PAN'.

"Kalau ada berita yang menyatakan bahwa Pak Amien Rais telah dikeluarkan dari PAN, itu berita tidak benar dan menyesatkan. Sampai hari ini Pak Amien Rais masih milik PAN. Dan saya meragukan jika Pak Amien Rais akan mendirikan partai politik baru," tegasnya.

Soal sikap Amien Rais yang menyebut Zulhas hendak membawa PAN merapat ke pemerintah, Viva Yoya menjelaskan pertemuan di Istana Negara hanya untuk menyambung tali silaturahmi.

Tonton video 'Amien Rais: Saya Dikeluarkan dari PAN':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4