Nadiem Pastikan Program Organisasi Penggerak Tetap Jalan Meski Ada Evaluasi

Rahel Narda C - detikNews
Jumat, 24 Jul 2020 22:10 WIB
Mendikbud Nadiem Makarim
Mendikbud Nadiem Makarim (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim melakukan evaluasi lanjutan terhadap Program Organisasi Penggerak (POP). Nadiem pun meminta agar peserta yang lolos seleksi tidak khawatir karena program akan tetap dilaksanakan.

"Kami ingin memastikan bahwa untuk organisasi-organisasi penggerak yang telah lulus seleksi tidak perlu khawatir dengan adanya evaluasi lanjutan ini karena program ini akan terlaksana," kata Nadiem dalam konferensi yang disiarkan di YouTube Kemendikbud RI pada Jumat (24/7/2020).

Nadiem pun mengatakan ada 4.400 lebih peserta yang melakukan registrasi di program ini. Namun hanya 158 yang terpilih masuk di POP. Menurutnya, evaluasi lanjutan POP akan memperkuat integritas program dan dapat memperkuat dukungan masyarakat luar.

"Luar biasa, kita mendapat 4.400 lebih yang teregistrasi dalam program ini, tapi hanya sekitar 158 yang terpilih. Saya ucapkan selamat bagi yang terpilih dan saya ucapkan bagi yang sudah lolos seleksi jangan khawatir," ujar Nadiem.

"Proses evaluasi ini akan semakin memperkuat integritas dari program ini dan juga memperkuat mandat program ini, memperkuat integritas program ini dan juga memperkuat dukungan masyarakat yang luar biasa pentingnya," sambungnya.

Eks CEO Gojek ini juga kembali menjelaskan tujuan dibentuknya POP. Nadiem menjelaskan POP dibentuk guna mencari bibit-bibit inovasi di dunia pendidikan dari berbagai macam elemen masyarakat.

"Organisasi penggerak ini dilakukan dengan tujuan mencari bibit-bibit inovasi yang sudah dilakukan berbagai organisasi masyarakat di gerakan pendidikan. Kemendikbud menjunjung tinggi asas gotong royong di mana kita membutuhkan bantuan masyarakat untuk menemukan inovasi pedagogi, inovasi gerakan yang belum terpikir di dalam Kementerian," jelas Nadiem.