3 Prioritas Pemerintah soal Vaksin Corona: Aman, Tepat, Cepat

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 24 Jul 2020 11:04 WIB
Folder of Coronavirus covid19 2019 nCoV outbreak
Foto: Getty Images/iStockphoto/oonal
Jakarta -

Pemerintah Indonesia sedang mengembangkan pembuatan vaksin Corona (COVID-19). Dalam perkembangannya, pemerintah memprioritaskan 3 hal penting.

"Pemerintah Indonesia memprioritaskan 3 hal penting yaitu aman, tepat, dan cepat," ujar Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Prof Wiku Adisasmito, dalam jumpa pers update penanganan Corona di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (24/7/2020).

Wiku menjelaskan vaksin Corona yang sedang dikembangkan harus mampu memberikan perlindungan terhadap masyarakat Indonesia. Ia juga ingin pemerintah memastikan tidak adanya efek samping dari penggunaan vaksin yang dikembangkan.

"Yang kedua harus tepat, artinya betul-betul vaksin tersebut bisa menimbulkan kekebalan spesifik pada virus yang beredar di Indonesia," kata Wiku.

Selain itu pembuatan vaksin, sebut Wiku, harus cepat. Karena gawatnya situasi pandemi Corona di dunia, termasuk di Indonesia, membuat pembuatan vaksin harus dikembangkan secara cepat.

"Kita harus betul-betul cepat untuk melindungi rakyat Indonesia maka dari itu harus dilakukan seluruh ujinya termasuk uji klinis bisa terlasakana dengan cepat tapi juga benar, terakhir dalam konteks cepat harus bisa diproduksi dengan baik dan dalam jumlah memadai untuk betul-betul dapat memberikan vaksin kepada seluruh rakyat Indonesia yang perlu diberikan perlindungan," tuturnya.

(isa/imk)