Belum Selesai Renovasi, Masjid Istiqlal Tak Gelar Salat Idul Adha 2020

Isal Mawardi - detikNews
Kamis, 23 Jul 2020 15:44 WIB
Masjid Istiqlal dengan Teknologi Lampu yang Baru buatan tim Pavilion 95
Foto: Mandala Putera Prima/Istimewa
Jakarta -

Masjid Istiqlal, Jakarta, tidak menyelenggarakan ibadah salat Idul Adha 1441 H/2020. Hal ini disampaikan langsung oleh Wakil Kepala Bidang penyelenggara peribadatan Masjid Istiqlal, Abu Hurairah.

"(Salat) Idul Adha sudah bisa dipastikan kita belum ada," ujar Abu ketika dihubungi, Kamis (23/7/2020).

Abu mengatakan renovasi Masjid Istiqlal belum selesai. Renovasi masih memasuki tahap akhir.

"Mungkin (renovasi) 98 persen ya, tinggal listrik ada yang masih belum, pintu gerbang, parkir, parkirnya sih sudah cuma kan butuh sistem apa gitu ya pengelolaannya," kata Abu.

Renovasi Istiqlal, sebut Abu, menyesuaikan dengan situasi pandemi. Abu bercerita, ada sarana-prasarana tambahan agar meminimakan penyebaran virus Corona di dalam masjid.

"Kami juga ada ini ada fasilitas (wastafel) nanti langsung minum gitu, nggak pakai gelas, kayak di bandara gitu," tuturnya.

Ia memastikan sarana prasarana di Masjid Istiqlal belum sepenuhnya siap untuk menggelar Salat Idul Adha. "Sarana-prasarana belum siap," tutupnya.

Beberapa waktu yang lalu, Menko PMK Muhadjir Effendy juga mengatakan Masjid Istiqlal tidak akan digunakan sebagai tempat penyelenggaraan Hari Raya Idul Adha 1441 H/2020. Masjid Istiqlal, kata Muhadjir, dipastikan tak akan menggelar salat Idul Adha.

"Pada intinya tahun ini Masjid Istiqlal tidak digunakan untuk melaksanakan salat Idul Adha," kata Muhadjir melalui telekonferensi pada Kamis (9/7).

(isa/imk)