Anis Matta Temui Bamsoet, Bahas UU Pemilu hingga Krisis Pandemi

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Kamis, 23 Jul 2020 14:46 WIB
Anis Matta Temui Bamsoet untuk Bahas UU Pemilu dan Pandemi Corona
Anis Matta menemui Bamsoet. (Rolando Fransiscus Sihombing/detikcom)
Jakarta -

Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta menemui Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet). Dalam pertemuan ini, keduanya membahas Undang-Undang Pemilu hingga krisis pandemi.

Pertemuan digelar di kompleks gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (23/7/2020). Turut hadir Sekjen Mahfudz Siddiq, Bendahara Umum Ahmad Rosyadi, hingga pengurus utama lainnya.

"Hari ini saya kedatangan Ketua Umum Gelora beserta seluruh jajarannya. Saya menyambut baik dan sangat senang dapat dikunjungi sahabat saya yang merupakan salah satu tokoh idola saya di politik," kata Bamsoet.

Bamsoet berharap Gelora dapat menembus parlemen pada tahun politik 2024. Dia merasa Gelora memberikan angin segar dalam perpolitikan Tanah Air.

"Dan saya berharap Gelora bisa memberikan angin segar, darah segar, bagi dunia perpolitikan di Tanah Air atau di Indonesia. Sehingga saya berharap Gelora 2024 bakal masuk Senayan dan menjadi harapan baru rakyat Indonesia, sesuai slogannya, 'Arah Baru Indonesia'. Mudah-mudahan Gelora bisa jadi arah baru, angin segar baru, bagi perpolitikan di Tanah Air," ujarnya.

Sementara itu, Anis Matta memperkenalkan pengurus Gelora kepada Bamsoet. Selain itu, Anis membahas UU Pemilu bersama Bamsoet.

"Jadi dalam rangkaian kunjungan silaturahim ini, di samping memperkenalkan pengurus yang baru, kami juga menyampaikan 1 usulan kepada Ketua MPR ini, nanti mudah-mudahan bisa dibahas dengan teman-teman di parlemen DPR nanti soal Undang-Undang Pemilu ke depan," ucap Anis.

Anis mengusulkan adanya pemisahan antara pemilihan legislatif dan eksekutif. Sebab, agar tak muncul korban kembali pada 2024 seperti di 2019.

"Salah satu yang kami usulkan pada kesempatan ini supaya ada pemisahan antara pemilu legislatif dan eksekutif. Untuk mengurangi beban ya supaya tidak sekaligus pada pemilu yang akan datang dan mengurangi jumlah korban seperti yang terjadi pada pemilu 2019 yang lalu," sebutnya.

Bukan hanya soal UU Pemilu, Anis juga membahas krisis pandemi yang dialami Indonesia bersama dengan Bamsoet. Dia mengatakan akan melanjutkan silaturahmi ke sejumlah partai politik.

"Kemudian, selain itu, tadi kita ngobrol banyak soal krisis yang sekarang menimpa negeri kita ini dan alhamdulillah mudah-mudahan dalam silaturahim ini tujuan perkenalan tercapai dan insyaallah setelah ini kami akan melanjutkan silaturahim kepada para pimpinan partai politik," imbuhnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana. Anis Matta menekankan mengenai pentingnya rasa kebersamaan di tengah pandemi virus Corona (COVID-19).

"Silaturahim seperti ini harus kita lakukan sebagai kewajiban moral terutama di saat kita menghadapi krisis besar seperti yang kita alami, pandemi telah berkembang menjadi krisis ekonomi. Mudah-mudahan insyaallah tak berkembang jadi krisis sosial, apalagi politik. Kita semuanya perlu berdiri bersama sebagai satu bangsa dengan visi bersama dan melakukan collective action juga secara bersama," kata Anis Matta kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (20/7).

Tonton video 'Komisioner KPU Desak Pembuatan UU Pemilu Dipercepat':

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/maa)