Isi Pertemuan Jokowi-Anis Matta: Legacy Terbaik Hadapi Krisis

Elvan Dany Sutrisno - detikNews
Rabu, 22 Jul 2020 14:13 WIB
Ketua Umum Partai Gelora Indonesia Anis Matta
Ketum Partai Gelora Anis Matta (Foto: Lakam 20detik)
Jakarta -

Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora) Anis Matta menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin (20/7). Apa saja isi pertemuan tersebut?

"Pertama, kita menyampaikan perkenalan dengan pimpinan Partai Gelora. Kita sampaikan proses pendaftaran, verifikasi, sampai pengesahan yang seluruhnya virtual," ungkap Anis Matta kepada wartawan, Rabu (22/7/2020).

Jokowi pun bertanya tentang struktur Partai Gelora di daerah. Anis Matta mengungkap partainya punya struktur kuat di daerah.

"Presiden tanya di daerah sudah berapa cabangnya. Saya bilang di provinsi sudah lengkap 100 persen untuk kabupaten/kota 484 dari 514," kata Anis seraya mengungkap struktur sampai DPC.

Setelah itu, Jokowi berbicara tentang strategi menghadapi krisis COVID-19. Anis Matta, yang hadir didampingi Waketum Fahri Hamzah, Sekjen Mahfudz Siddiq, dan sejumlah pengurus Partai Gelora, pun memberikan sejumlah saran.

"Kata beliau memang ini berdasarkan pembicaraannya dengan banyak kepala negara, kata beliau krisis ini mengerikan atau lebih dalam dari yang kita duga," kata Anis.

"Saya menyampaikan krisis ini berbeda dengan semua krisis yang lain karena fakta sainsnya itu berbeda dari waktu ke waktu. Jadi karena itu saya menyarankan supaya bapak presiden memperbanyak akademisi dan scientist di sekitar presiden," imbuhnya.

Anis menuturkan tak ada pembicaraan politik dalam pertemuan itu. "Tidak ada pembicaraan soal politik. Karena krisis ini panjang kemungkinan bapak presiden akan menghabiskan periode keduanya dengan krisis ini, jadi memang kita memikirkan legacy terbaik menghadapi krisis," pungkasnya.

Tonton video 'Partai Gelora Bertemu Jokowi di Istana Secara Tertutup':

[Gambas:Video 20detik]



(van/mae)