Bawaslu Jelaskan Temuan BPK soal Dana APBN Masuk ke Rekening Pribadi

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Kamis, 23 Jul 2020 10:57 WIB
Logo Bawaslu, gedung Bawaslu, ilustrasi gedung Bawaslu
Ilustrasi Gedung Bawaslu (Zunita Putri/detikcom)
Jakarta -

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menemukan adanya penggunaan rekening pribadi dalam pengelolaan dana APBN Bawaslu kabupaten/kota di Provinsi Lampung. Bawaslu pusat menjelaskan temuan itu.

Anggota Bawaslu Pusat, Rahmat Bagja, mengatakan dana tersebut adalah pengembalian sisa Belanja Langsung (LS) dan Tambahan Uang Persediaan (TUP). Rekening pribadi yang digunakan adalah sebagai rekening perantara.

"Penggunaan rekening pribadi sebagai rekening antara atas pengembalian sisa belanja LS dan TUP pada Bawaslu kabupaten/kota di Provinsi Lampung sebesar Rp 2.933.987.167,00 (2,9 M)," kata Bagja saat dihubungi, Kamis (23/7/2020).

Bagja mengatakan dana sebesar Rp 2,9 miliar itu sudah dikembalikan ke rekening Bawaslu Lampung. Pengembalian dilakukan beberapa hari setelah dikirim ke rekening pribadi.

"(Sebanyak) 2,9 (M) ini kalau masuk ke rekening langsung dikembalikan karena beberapa hari ya masuk itu juga karena kesalahpahaman. Setelah diketahui kemudian dikembalikan, bukan setelah ditemukan (BPK) kemudian dikembalikan, nggak. Jadi prosesnya sudah dikembalikan dan tidak ada mengendap," ungkapnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2