Sudah Ada Perwal Kebiasaan Baru, Bagaimana Pelaksanaannya di Angkot Medan?

Ahmad Arfah - detikNews
Rabu, 22 Jul 2020 14:07 WIB
Suasana dalam angkot di Medan (Ahmad Arfah-detikcom)
Foto: Suasana dalam angkot di Medan (Ahmad Arfah-detikcom)
Medan -

Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution telah meneken Peraturan Wali Kota (Perwal) nomor 27 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Adaptasi Kebiasaan Baru pada Kondisi Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Kota Medan. Perwal itu mengatur kebiasaan baru di angkutan umum, bagaimana pelaksanaanya?

Dilihat detikcom, Rabu (22/7/2020), dalam Perwal yang diteken Akhyar sejak 1 Juli 2020 itu, ada sejumlah pasal yang mengatur pelaku perjalan hingga pengemudi angkutan.

Bagi pelaku perjalanan misalnya, dalam pasal 24 Perwal tersebut diwajibkan menggunakan masker dan jika diperlukan agar menggunakan face shield. Sementara untuk pemilik dan sopir angkutan juga diwajibkan menggunakan masker.

Selain itu pemilik atau pengemudi juga diminta menyediakan cairan hand sanitizer, mengupayakan penyekat yang bisa memisahkan sopir dan penumpang, memberi tanda silang bagi kursi yang tidak boleh diduduki, mengecek suhu tubuh penumpang yang hendak naik, hingga menempelkan poster tata cara bersin.

detikcom pun coba menaiki angkutan kota (angkot) untuk melihat pelaksanaan aturan tersebut. Salah satunya di angkutan nomor 64 tujuan Pinang Baris.

Di dalam angkot, terlihat sopir menggunakan masker. Di belakang sopir juga terlihat ada pembatas antara dirinya dengan penumpang.