Kejati Tepis Kasus di Disdik Riau Terkait Isu Oknum Jaksa Peras Kepsek

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Selasa, 21 Jul 2020 14:51 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Pekanbaru -

Kejati Riau menetapkan 2 tersangka dugaan korupsi di Dinas Pendidikan Riau. Penyidikan kasus tersebut dinyatakan tak terkait dengan isu pemerasan oleh oknum jaksa terhadap seluruh kepala sekolah SMP Negeri di Indragiri Hulu, Riau.

"Nggak ada itu. Tidak ada kaitannya. Memangnya main bola pakai-pakai serang balik segala," kata Asisten Intelijen Kejati Riau, Raharjo, saat dihubungi detikcom, Selasa (21/7/2020).

Menurutnya, pihaknya menetapkan 2 tersangka dugaan korupsi di Dinas Pendidikan Riau sudah melalui prosedur yang telah ditentukan. Dia menepis anggapan kasus ini merupakan balasan isu pemerasan oknum kejaksaan dalam pengelola bantuan operasional sekolah di Indragiri Hulu.

"Kan ada tahapan-tahapannya. Semua tahapan dilalui. Jadi tak ada hubungannya (dengan kasus mundurnya Kepsek di Inhu," kata Raharjo.

Kasus korupsi di Dinas Pendidikan Riau anggaran tahun 2018 lalu. Hanya saja penetapan 2 tersangka terdiri PNS dan pihak rekanannya baru di Juli 2020.

"Bagaimana prosesnya (mengapa baru sekarang ditetapkan tersangka), saya belum pegang datanya. Nanti saya koordinasi ke Aspidsus dulu, karena mereka yang pegang datanya," kata Raharjo.

(cha/tor)