Round-Up

Jemaat Diminta Lapor Diri Buntut Uskup Agung Medan Positif Corona

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 21 Jul 2020 05:23 WIB
Suasana Keuskupan Agung Medan (Ahmad Arfah-detikcom)
Suasana Keuskupan Agung Medan (Ahmad Arfah-detikcom)

Dilaporkan Uskup Kornelius saat ini dalam kondisi stabil. "Laporan kemarin, kondisi stabil, mandi sendiri, makan baik dan inilah hasilnya disampaikan oleh dokter Fransiscus Ginting, beliau positif (corona) berdasar tes metode PCR," kata Juru Bicara Keuskupan Agung Medan (KAM) Pastor Benjamin Purba.

Uskup Kornelius dinyatakan positif Corona berdasarkan hasil tes polymerase chain reaction (PCR). Empat pastor juga dinyatakan positif Corona yakni Michael Manurung, Frans Borta P Rumapea, Romualdus Nairun dan Joddy Morison Turnip.

Suasana Keuskupan Agung Medan (Ahmad Arfah-detikcom)Suasana Keuskupan Agung Medan (Ahmad Arfah-detikcom)

Pastor Michael Manurung mulai dirawat di RS Elisabeth pada Selasa (7/7). Kemudian, Pastor Frans Borta P Rumapea dirawat sejak Selasa (14/7) dengan gejala meriang dan batuk lalu hasil tes PCR dinyatakan positif Corona.

"Pastor Romualdus Namirun masuk 15 Juli (gejalanya) demam dan hasil pemeriksaan positif. Sedangkan Pastor Jody Turnip masuk 16 Juli (gejalanya) demam dan lemas, tes PCR positif," ujar Benjamin.

Dia mengimbau warga ataupun jemaah yang pernah kontak erat dengan para pastor agar memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan demi memutus penyebaran Corona.

"Informasi ini untuk menolong kita, karena virus ini begitu kencang. Bagi mereka yang bertemu sejak 1 Juli 2020 harap mengambil sikap sendiri dan entah itu berkonsultasi dengan dokter setempat. Jadi informasi ini (kita) hati hati, kita waspada," katanya.

Halaman

(jbr/idn)