Round-Up

Jemaat Diminta Lapor Diri Buntut Uskup Agung Medan Positif Corona

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 21 Jul 2020 05:23 WIB
Suasana Keuskupan Agung Medan (Ahmad Arfah-detikcom)
Suasana Keuskupan Agung Medan (Ahmad Arfah-detikcom)
Medan -

Uskup Agung Kota Medan Mgr Kornelius Sipayung, OFM Cap, dinyatakan positif terpapar virus Corona (COVID-19). Pelacakan riwayat kontak dilakukan dan jemaat diminta lapor diri jika punya kontak dengan Uskup Agung.

"Sudah kita tracing semua. Kita kan tidak kenal, kita minta bantuan sama mereka (pihak Keuskupan)," ujar Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Medan, Mardohar Tambunan, Senin (20/7/2020).

Pemeriksaan dilakukan dengan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Medan. Dia mengatakan Uskup Kornelius terpapar di wilayah Sumut namun bukan di lokasi keuskupan.

"Pertama sekali masuk sebagai terkonfirmasi positif itu bukan Pak Kornelius-nya. Bawahannya satu. Mereka ada beberapa pertemuan di luar, jadi dia itu membawa, dia lah yang mengawali semua mereka. Karena mereka itu satu, istilahnya rumah lah ya," jelasnya.

Hingga kini, kata Mardohar, ada 8 orang yang terpapar COVID-19 di Keuskupan Agung Medan. Uskup Agung sendiri masih dirawat di rumah sakit Martha Friska Medan. Kedelapan orang ini disebut terpapar COVID-19 usai menghadiri pertemuan dengan pihak di luar Keuskupan.

Uskup Agung Medan Mgr Kornelius Sipayung (Dok. Antara)Uskup Agung Medan Mgr Kornelius Sipayung (Dok. Antara)

"Mereka ada beberapa pertemuan di luar, jadi dia itu membawa, dialah yang mengawali semua mereka. Karena mereka itu satu, istilahnya rumah lah ya. Di situ mereka ada 10 orang. Jadi yang pasti mereka terpapar dari luar, yang saya tahu sampai tadi malam itu delapan," kata Mardohar.

Saat ini Uskup Kornelius dirawat di Rumah Sakit Martha Friska dan beberapa orang lainnya dirawat di RS Santa Elisabeth Medan. Dia menyebut kedelapan orang tersebut tak punya riwayat perjalanan dari luar negeri.

"Pastor, suster atau orang dari Keuskupan itu kan punya kontak dengan orang di luar Keuskupan. Kalau dari luar negeri nggak ada, sekitar Sumatera Utara," tuturnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2