Alasan Memilih Universitas Gadjah Mada Sebagai Tujuan Kuliah

Tim detikcom - detikNews
Senin, 20 Jul 2020 22:50 WIB
Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM)
Alasan Memilih Universitas Gadjah Mada (Foto: Bagus Kurniawan/detikcom)
Jakarta -

Universitas Gadjah Mada atau yang biasa dikenal dengan nama UGM merupakan salah satu perguruan tinggi negeri top di Kota Yogyakarta sekaligus di Indonesia. Di mana saat ini UGM telah menjadi salah satu yang berhasil masuk di dalam deretan QS World University Ranking. QS World University Ranking adalah salah satu dari sekian sistem pemeringkatan perguruan tinggi dunia yang dijadikan sebagai rujukan utama berbagai perguruan tinggi yang ada di dunia dan Indonesia termasuk di dalamnya.

Diketahui bahwa pada tahun 2019, UGM berada di posisi 320 dan di tahun 2020 ini mengalami peningkatan yang pesat di posisi 254. Tentu ini adalah suatu pencapaian yang patut untuk diapresiasi dan wajar saja jika UGM masih menjadi perguruan tinggi favorit yang banyak diburu oleh pelajar dari Yogyakarta sendiri dan seluruh pelajar di Indonesia.

Kenapa Memilih UGM?

UGM adalah perguruan tinggi negeri yang telah ada sejak periode awal kemerdekaan dan keberadaan UGM telah didaulat sebagai Balai Nasional Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan bagi penyelenggaraan pendidikan tinggi nasional. Dan jati diri dari UGM sendiri adalah sebagai universitas nasional, universitas perjuangan, universitas Pancasila, universitas kerakyatan, dan juga sebagai universitas pusat kebudayaan.

Melihat sudah sejauh dan selama itulah UGM berada di tengah-tengah masyarakat Indonesia dan memperjuangkan dunia pendidikan, maka alasan inilah yang membuat detikers Indonesia memilih UGM sebagai tujuan kampus yang diimpikan.

Berlokasi Di Kota Pelajar, Budaya, Dan Wisata

Kota Yogyakarta adalah paket khusus yang menjadi sebuah kota pelajar, budaya, dan juga wisata. Banyak pelajar menaruh impiannya untuk bisa menuntut ilmu di kota ini. Begitupun dengan para wisatawan yang memasukkan Kota Yogyakarta sebagai destinasi wisata yang wajib ada di agenda travelling-nya. UGM sendiri berada di kota yang populer ini. detikers tidak hanya bisa belajar sesuai dengan jurusan yang dipilih dalam kampus ini, tetapi juga sekaligus belajar tentang budaya Jawa yang masih kental di Yogyakarta dan juga berkesempatan untuk mengunjungi berbagai objek wisata menarik di dalamnya.

Kampus Dengan Lulusan Orang-Orang Hebat

Detikers yang memilih UGM sebagai kampus tujuan memang tidak salah. Karena di sinilah tempatnya lulusan orang-orang hebat. Seperti presiden Indonesia saat ini, Joko Widodo, Retno Marsudhi, Anies Baswedan, Boediono, dan masih banyak lagi orang hebat yang lahir dari UGM.

Sebagai Universitas Yang Bermutu Baik


UGM merupakan salah satu perguruan terbaik di Indonesia. Berdasarkan pemeringkatan Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking (WUR) tahun 2021, Universitas Gadjah Mada (UGM) menduduki peringkat 254 dunia. Dengan pemeringkatan itu, UGM naik 66 peringkat dibandingkan capaian QS WUR 2020 yakni peringkat 320 dunia

detikers tidak hanya mendapatkan bangunan kampus yang megah dan luas, tetapi juga dengan pengajar-pengajar yang berkualitas, kegiatan-kegiatan yang jempolan, dan tidak kalah penting penelitian dan publikasi baik nasional dan internasional yang dijamin berbobot.

Tersedia Kelas Internasional

Keunggulan dari UGM yang patut detikers ketahui dan hal inilah yang menjadi keinginan banyak pelajar untuk menjadi salah satu mahasiswa di kampus populer ini adalah tersedianya kelas internasional. Di mana beberapa jurusan menyediakan kelas ini dan detikers bisa belajar sekelas dengan para mahasiswa yang berasal dari luar negeri. Hal ini tentunya akan menjadi pengalaman yang berharga untuk detikers semua dan bisa mendapatkan kuliah nasional rasa internasional

Jadi, apa alasan detikers memilih berkuliah di Universitas Gadjah Mada? Apapun alasan detikers, jika kamu sudah menjadi mahasiswa resmi di UGM, maka berbanggalah dan manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya untuk menyerap banyak ilmu pengetahuan dari salah satu kampus tertua di Indonesia ini.

Ralat:

Artikel ini pada Selasa 21 Juli 2020 pukul 12:22 WIB mengalami revisi di aline 7. Sebelumnya tertulis UGM adalah peringkat ke-3 di Indonesia. Berdasarkan pemeringkatan Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking (WUR) tahun 2021, UGM menduduki peringkat 254 dunia. -- Terimakasih (redaksi)--

(erd/erd)