Daftar Fakultas dan Jurusan di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta

Tim detikcom - detikNews
Senin, 20 Jul 2020 18:32 WIB
Fakultas Geografi UGM, Selasa (11/2/2020).
Foto: Larastining Retno Wulandari/detikcom
Jakarta -

Ingin kuliah di Universitas Gadjah Mada ? Salah satu perguruan tinggi negeri di Yogyakarta ini memang menjadi pilihan banyak calon mahasiswa yang ingin mendapatkan kualitas dan fasilitas pendidikan yang sangat baik. Berikut daftar Fakultas dan juga Jurusan di UGM :

Fakultas Biologi

Bagi detikers yang menyukai bidang biologi, maka di fakultas ini kamu bisa mendapatkan pendidikan yang super berkualitas. Fakultas Biologi terdiri dari satu jurusan saja yaitu Jurusan Biologi yang akreditasinya juga sudah A. Di fakultas ini detikers akan belajar tentang pelajaran biologi secara murni sehingga lebih dalam dari pada saat SMA.

Fakultas Ekonomika dan Bisnis

detikers suka dengan bidang perhitungan ekonomi dan juga bisnis? Detikers dapat memilih fakultas yang satu ini untuk meningkatkan kemampuan di bidang tersebut. Di fakultas Ekonomika dan Bisnis ini, detikers dapat memilih jurusan antara Program Studi Akuntansi, Program studi Ilmu Ekonomi, dan juga program studi Manajemen.


Fakultas Farmasi

Jika Detikers unggul di bidang kimia saat SMA dan ingin mengetahui segala jenis obat-obatan maka fakultas farmasi ini sangat cocok. Fakultas Farmasi hanya memiliki satu program studi yaitu Program studi Farmasi. Detikers akan mendapatkan banyak pengetahuan tentang obat-obatan serta sudah terakreditasi A yang diberikan oleh BAN-PT.

Fakultas Filsafat

Fakultas Filsafat juga hanya memiliki satu program studi yaitu Program Studi Filsafat itu sendiri. Jika detikers ingin kuliah di fakultas Filsafat maka, kamu akan mempelajari tentang ilmu cara berpikir. Di sini detikers akan dikenalkan dengan berbagai cara berpikir seperti kesesatan berpikir, mengkritik suatu karya seni, dan lain sebagainya.

Fakultas Geografi

Jika detikers di SMA menyukai pelajaran geografi, maka fakultas geografi bisa menjadi pilihan yang sangat tepat. Di Fakultas Geografi UGM ini detikers akan diberikan pilihan jurusan seperti Program Studi Geografi Lingkungan, Program studi Kartografi dan Pengindraan jauh, dan juga program studi pembangunan wilayah, lengkap bukan ?

Fakultas Hukum

Tertarik di bidang hukum ? Fakultas Hukum dapat memberikan kesempatan bagi para detikers untuk belajar mengenai berbagai jenis tata hukum di negara Indonesia sehingga setelah luluh bisa menjadi ahli hukum yang menjunjung tinggi hukum itu sendiri serta dapat memberikan keadilan hukum kepada semua masyarakat di Indonesia.

Fakultas Ilmu Budaya

Bagi detikers yang sangat menyukai tentang budaya, pariwisata, dan juga ingin mempelajari berbagai jenis bahasa maka jika kuliah di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dapat memilih Fakultas Ilmu Budaya. Fakultas ini termasuk fakultas yang ramai sehingga jika ingin ikut di dalam organisasi fakultas dapat bertemu dari berbagai program studi. Detikers dapat memilih prodi arkeologi, antropologi budaya, bahasa dan kebudayaan, bahasa dan sastra Indonesia, Pariwisata, Satra Arab, sastra Inggris, sastra Jawa, sastra Jepang, sastra Prancis, dan prodi sejarah.

Fakultas ISIPOL (Ilmu Sosial dan Politik)

Suka dengan bidang Sosial dan juga Politik ? di sini Detikers bisa masuk di fakultas ISIPOL yang isinya juga banyak program studi. Jika detikers tertarik bergabung dengan Fakultas ISIPOL maka dapat memilih Prodi Ilmu Hubungan Internasional, Ilmu Komunikasi, manajemen dan kebijakan publik, Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan, Program Studi Politik dan Pemerintahan, dan terakhir prodi Sosiologi.

Fakultas Kedokteran

Ingin menjadi tenaga kesehatan ? di sini detikers bisa mewujudkan mimpi dengan masuk di Fakultas Kedokteran yang memberikan pilihan terbaiknya untuk memilih program studi seperti Program Studi Pendidikan Dokter, Ilmu Keperawatan dan juga Program Studi Gizi Kesehatan.

Fakultas Kedokteran Gigi

Apabila Detikers sangat mencintai ilmu gigi maka di sini bisa diwujudkan dengan mudah. Detikers bisa kuliah di Fakultas Kedokteran Gigi untuk menjadi dokter gigi atau memilih di Prodi Keperawatan Gigi.

Fakultas Kedokteran Hewan

Siapa yang suka dengan hewan ? Sering sedih melihat hewan yang sakit ? Ingin mengobatinya tetapi tidak tahu cara yang tepat ? Bagi detikers yang seperti itu maka di fakultas kedokteran hewan ini dapat mewujudkannya. Di fakultas ini hanya ada satu Program Studi yaitu Kedokteran Hewan.

Fakultas Kehutanan

Indonesia ini sangat terkenal sebagai paru-paru dunia yang memiliki lahan hutan yang sangat besar sehingga jika detikers ingin belajar mengenai berbagai hal tentang kehutanan di Fakultas Kehutanan maka dapat mempelajarinya lebih dalam/ Prodinya hanya prodi kehutanan saja.

Fakultas MIPA

Kamu lulusan SMA di bagian IPA ? Nyaman belajar di sana ? Kuliah saja di Fakultas MIPA yang memberikan berbagai pilihan program studi seperti program studi elektronika dan Instrumentasi, Program Studi Fisika, Geofisika, Ilmu Komputer, Kimia, Matematika, dan juga statistika. Pilih prodi di fakultas MIPA ini yang paling sesuai dengan keinginan.

Fakultas Pertanian

Selain lahan hutannya yang sangat besar, Indonesia juga terkenal dengan negara agraris yang sektor pertaniannya juga unggul di dunia. Sehingga jika ingin meningkatkan kemampuan Indonesia di bidang pertanian maka detikers dapat memilih kuliah di fakultas Pertanian dengan pilihan prodi yaitu : Agronomi, Budidaya perikanan, Ilmu hama dan Penyakit Tumbuhan, Ilmu Tanah, Manajemen Sumber daya Perikanan, Mikrobiologi pertanian, Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian, Agrobisnis, dan Teknologi hasil perikanan.

Fakultas Peternakan

Detikers yang tertarik pada bidang Peternakan hewan maka dapat memilih fakultas peternakan sehingga bisa meningkatkan tingkat budidaya hewan ternak di Indonesia. Fakultas Peternakan ini hanya memiliki satu program studi yaitu Ilmu dan Industri Peternakan.

Fakultas Psikologi

Ingin menjadi psikolog ? Fakultas psikologi yang sudah terakreditasi A ini sangat menunjang dalam kegiatan pendidikan. Fakultas Psikologi memiliki satu program studi yaitu Psikologi itu sendiri.

Fakultas Teknik

Fakultas teknik adalah salah satu fakultas yang terkenal ramai dan paling solid di berbagai kampus tak terkecuali di Universitas Gadjah Mada yang satu ini. Fakultas Teknik ini menyediakan berbagai pilihan prodi seperti Arsitektur, Teknik Fisika, Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik elektro, teknik geodesi, teknik geologi, teknik industri, teknik kimia, teknik mesin, teknik nuklir, teknik sipil, dan teknologi informasi.

Fakultas Teknologi Pertanian

Di UGM sendiri selain memiliki fakultas Pertanian juga memiliki fakultas Teknologi pertanian yang memiliki program studi seperti Teknik Pertanian, Teknik Industri Pertanian, dan juga program studi Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian.

Sudah ada pilihan ingin masuk Fakultas apa di UGM ? Tentukan dengan benar dan sesuaikan dengan kemampuan detikers agar lebih mudah masuknya. Semoga berhasil untuk bisa menuntut ilmu di Universitas Gadjah Mada, salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia ini.

(erd/erd)