Banyak Pedagang Pasar Masih Pakai Kantong Plastik, PD Pasar Jaya: Butuh Waktu

Muhammad Ilman Nafi'an - detikNews
Senin, 20 Jul 2020 17:26 WIB
Pengunjung di Pasar Senen masih ada yang pakai kantong plastik
Foto: Pengunjung di Pasar Senen masih ada yang pakai kantong plastik. (Tiara Aliya/detikcom).
Jakarta -

Para pedagang pasar, salah satunya Pasar Senen, Jakarta Pusat hingga kini masih banyak yang menyediakan kantong plastik untuk melayani pelanggannya. Padahal, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 142 Tahun 2019 tentang kewajiban penggunaan kantong belanja ramah lingkungan.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Usaha dan Pengembangan Perumda (PD) Pasar Jaya, Anugerah Esa mengaku butuh waktu agar pedagang mampu mematuhi larangan tersebut sepenuhnya. Menurutnya, pihaknya terus melakukan edukasi kepada para pedagang terkait larangan penggunaan kantong plastik.

"Untuk menghilangkan 100 persen (menggunakan kantong plastik) itu yang memang kita butuh waktu," ujar Esa saat dihubungi, Senin (20/7/2020).

Esa mengatakan sulit menghilangkan kebiasaan penggunaan kantong plastik karena tidak ada penyetopan di bagian produksinya. Hal itu yang menjadi salah satu penyebab pemakaian plastik masih masif terjadi.

"Selama dari kementerian perdagangan tidak menutup yang namanya produsen plastik itu, selama ada demand. Artinya dari kita udah nyediain alternatif, ada beberapa pasar contohnya yang sudah menggunakan plastik rol, bukan kresek lagi. Kresek kan yang dijinjing ya, itu yang harus kita hindari," ucapnya.

Lebih lanjut, Esa menerangkan, PD Pasar Jaya memberikan edukasi kepada para pedagang dan terus mensosialisasikan penggunaan kantong ramah lingkungan juga telah disampaikan. Salah satunya dengan memasang spanduk di depan pasar.

"(Sosialisasi) masih jalan, spanduk Masih ada. Kita masih tetap menjalankan dan mengontrol," ujarnya.

Sebelumnya, sejumlah pengunjung Pasar Senen, Jakarta Pusat, kedapatan masih menggunakan kantong plastik selama berbelanja. Padahal, sejak 1 Juli 2020 DKI Jakarta telah menerapkan larangan penggunaan kantong plastik.

(aud/aud)